JAKARTA - Amazon menyebutkan bahwa Ilmu data, analitik, dan kecerdasan buatan (AI) telah membawa kemajuan besar dalam efisiensi periklanan digital selama dua dekade terakhir.
Berdasarkan survei perusahaan pada Maret lalu, Amazon menemukan bahwa hampir 75 persen pengiklan menyebutkan pembuatan materi iklan dan memilih format materi iklan merupakan tantangan terbesar mereka.
“Memproduksi materi iklan yang menarik dan berbeda dapat meningkatkan biaya dan seringkali memerlukan keahlian tambahan dalam proses periklanan,” kata Colleen Aubrey, wakil presiden senior Produk dan Teknologi Amazon Ads dalam blognya.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Amazon Ads telah meluncurkan solusi AI generatif baru untuk pembuatan gambar dalam versi beta, dan membantu pengiklan meningkatkan kinerja iklan mereka.
Misalnya, ketika pengiklan memiliki gambar produknya sendiri dengan latar belakang putih, solusi AI generatif Amazon akan memungkinkan pengiklan meletakkan produknya dengan latar gambar yang berbeda, seperti dapur rumah, kantor, dan lain sebagainya.
“Menyediakan alat untuk membuat pembuatan gambar menjadi sederhana dan mudah adalah cara lain bagi kami untuk mendukung pengiklan sekaligus membuat iklan yang dilihat pelanggan kami lebih menarik dan kaya secara visual,” kata Aubrey.
BACA JUGA:
Aubrey mengatakan, solusi ini sangat berguna bagi pengiklan dari semua skala, serta memungkinkan pengiklan yang tidak memiliki kemampuan internal untuk lebih mudah membuat citra merek mereka.
Di Konsol Iklan Amazon, pengiklan cukup memilih produk mereka dan mengklik Generate. Gambar kemudian dapat disempurnakan dengan memasukkan perintah teks pendek, sementara beberapa versi dapat dibuat dan diuji dengan cepat untuk mengoptimalkan kinerja.
Amazon Ads sudah mulai meluncurkan pembuatan gambar dengan dukungan AI untuk pengiklan terpilih dan akan memperluas ketersediaan seiring waktu.