Google Siap Hadirkan Kecerdasan Buatan Generatif pada Bisnis Periklanannya
Google akan memperkenalkan kecerdasan buatan generatif ke dalam bisnis periklanannya (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Google akan memperkenalkan kecerdasan buatan generatif ke dalam bisnis periklanannya dalam beberapa bulan mendatang untuk membuat iklan "baru", demikian laporan Financial Times pada Kamis, 20 April, yang mengutip presentasi internal.

Kecerdasan buatan generatif adalah jenis teknologi yang mengandalkan data masa lalu untuk membuat konten daripada mengidentifikasi konten yang sudah ada.

Bulan lalu, Google memulai peluncuran publik chatbot-nya yang disebut Bard, mencari pengguna dan umpan balik untuk mengejar Microsoft Corp dalam perlombaan untuk memimpin pasar teknologi AI.

Per presentasi tersebut, pengiklan dapat menyediakan konten "kreatif" seperti gambar, video, dan teks yang berkaitan dengan kampanye iklan tertentu, dan AI kemudian akan mencampur materi ini untuk menghasilkan iklan berdasarkan target audiens, serta target penjualan, laporan tersebut mengatakan.

Meskipun ada kekhawatiran tentang dampak lebih luas dari AI pada masalah seperti disinformasi, upaya phishing, dan kejahatan siber, Google berencana untuk memasang guardrail untuk mengatasinya saat meluncurkan fitur AI generatif baru, lapor FT. Google tidak segera merespons permintaan Reuters untuk berkomentar.