IBM Corp Luncurkan Osprey, Diklaim Sebagai Komputer Kuantum Paling Kuat
Komputer kuantum terbaru dari IBM, Osprey. (foto: twitter @IBM)

Bagikan:

JAKARTA - International Business Machines (IBM) Corp pada Rabu 9 November mengumumkan telah meluncurkan komputer kuantum paling kuat hingga kini yang disebut Osprey, dengan mesin 433-qubit yang memiliki tiga kali jumlah qubit daripada mesin Eagle yang diumumkan tahun lalu.

Jumlah qubit, atau bit kuantum, merupakan indikasi kekuatan komputer kuantum yang menggunakan mekanika kuantum, meskipun perusahaan komputer kuantum yang berbeda membuat klaim yang berbeda pula tentang kekuatan qubit mereka yang dapat dibuat dengan berbagai cara.

 Komputer kuantum suatu hari nanti diharapkan dapat mempercepat perhitungan tertentu jutaan kali lebih cepat daripada komputer super tercepat yang ada saat ini.

Dario Gil, direktur penelitian IBM, mengatakan IBM masih berada di jalur untuk meluncurkan komputer dengan lebih dari 1000 qubit tetapi untuk penskalaan lebih lanjut sedang mengerjakan pendekatan baru.

"Saat kami mendorong batas ukuran chip Osprey yang kami umumkan, jika Anda melihatnya, itu sudah sangat besar. Tahun depan, 1000 akan menjadi sangat besar," kata Gil dikutip Reuters. "Jadi setelah itu, kami telah merancang dan merekayasa seluruh arsitektur untuk komputasi kuantum berdasarkan modularitas."

IBM menyebut sistem modular Quantum System Two. "Quantum System Two adalah sistem komputasi kuantum modular pertama yang benar-benar modular sehingga Anda dapat terus menskalakan ke sistem yang lebih besar dan lebih besar dari waktu ke waktu," kata Gil kepada Reuters menjelang IBM Quantum Summit pekan ini. "Modularitas berarti chip itu sendiri harus saling berhubungan satu sama lain."

IBM mengatakan pihaknya menargetkan sistem ini akan online pada akhir tahun depan dan hal itu akan menjadi blok bangunan untuk "supercomputing kuantum-sentris" dengan menghubungkan beberapa Quantum System Twos. IBM mengatakan dapat membangun sistem hingga 16.632 qubit dengan menghubungkan tiga sistem ini.

IBM memiliki lebih dari 20 komputer kuantum di seluruh dunia, dan pelanggan dapat mengaksesnya melalui cloud.