Apple Sepertinya Bakal Kembali Sematkan Logo Backlit di MacBook Generasi Terbaru
Ilustrasi MacBook dengan Logo Backlit (Dimitry / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple diduga akan mengembalikan logo Apple yang bercahaya atau backlit ikonik pada model MacBook masa depan, jika paten yang baru diterbitkan bisa terwujud.

Diketahui, Apple belum memasang logo backlit di MacBook-nya sejak 2015. Logo Apple yang terkenal menyala alias versi backlit itu pernah menjadi pemandangan yang cukup unik di mana-mana.

Tetapi kini penggemar Apple tidak lagi bisa melihatnya semenjak perusahaan memilih desain logo baru. Logo putih cerah itu diganti dengan logo gelap.

Namun, versi backlit mungkin akan kembali setelah paten baru muncul di database Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (AS).

Nama paten mungkin tidak memberikan banyak informasi, "Perangkat Elektronik Dengan Struktur Cermin Sebagian Bercahaya" tetapi tujuannya jelas Apple akan membawa logo backlit itu kembali.

Dalam paten itu, Apple mengatakan bahwa rumah laptop akan dilengkapi dengan logo atau struktur lain di perangkat dapat dilengkapi dengan cermin reflektif sebagian dengan lampu latar.

Melansir MacRumors, Sabtu, 5 November, laptop Mac pertama dengan logo Apple yang menyala adalah PowerBook G3 generasi ketiga yang diluncurkan pada 1999, dan simbol backlit terbukti menjadi andalan melalui notebook Apple berturut-turut selama 16 tahun ke depan.

Satu-satunya perubahan pada periode itu adalah logo tersebut dibalik ke atas, sehingga tidak lagi terlihat terbalik ketika pengguna membuka laptop.

Dan mulai pada 2015, Apple menghilangkan logo backlit dari laptopnya pada MacBook 12 inci, yang memiliki logo logam dipoles, seperti yang terlihat di iPad.

Pada 2016, generasi baru model MacBook Pro melanjutkan tren logo tanpa backlit, dan Apple belum pernah meluncurkan laptop Mac dengan logo bercahaya sejak itu.

Perlu diingat, paten tidak selalu berubah menjadi produk. Apple mematenkan hampir semua yang dibuat oleh para insinyurnya, tetapi tidak ada salahnya untuk berharap perusahaan akan kembali membawa logo backlit itu.