Apple Mac Pro Bakal Punya Prosesor Paling Ekstrim di Dunia
Apple akan menyematkan Mac Pro terbaru dengan empat kali lebih gahar dari chip M2 Max. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dilaporkan akan menyematkan Mac Pro terbaru dengan chipset yang dua, bahkan empat kali lebih gahar dari chip M2 Max yang belum dirilis.

Menurut jurnalis Bloomberg, Mark Gurman yang mengetahui informasi ini, Apple tengah meningkatkan pengujian Mac kelas atas sebagai persiapan untuk diluncurkan tahun depan.

Komputer itu diklaim Gurman akan dilengkapi dengan CPU 24-core, GPU 76-core, dan memori 192GB. Sistem operasinya sendri akan menggunakan macOS Ventura 13.3, versi pertama yang telah diluncurkan minggu lalu.

Gurman memperkirakan Apple pada akhirnya akan membiarkan pelanggan memilih di antara dua chipset yang berbeda saat mengonfigurasi Mac Pro.

Dijuluki M2 Ultra dan M2 Extreme, masing-masing dari keduanya mengemas CPU dengan 24-core dan 48 core, dibekali juga GPU dengan 76-core serta 152-core.

"Setidaknya dua atau empat kali lebih kuat dari M2 Max," ujar Gurman dalam buletin Power On-nya yang dikutip dari Engadget, Senin, 24 Oktober.

Memorinya sendiri akan mencakup 256GB. Jika dibandingkan dengan M2 generasi pertama, ia hanya hadir dengan CPU 8-core dan GPU 10-core. Bahkan, M2 Max hanya menampilkan CPU 12-core dan GPU 38-core.

Namun sebelum Mac Pro baru tiba, Gurman mengharapkan Apple mengumumkan versi terbaru dari MacBook Pro 14 dan 16 inci, serta Mac mini baru.

Dikatakan Gurman, laptop high-end terbaru Apple akan menampilkan chip M2 Pro dan M2 Max baru perusahaan, sementara Mac mini akan dikirimkan dengan silikon M2 yang sama dengan yang ditemukan di dalam MacBook Air 2022.

Terakhir, Gurman mencatat Apple juga telah menguji secara internal varian M2 Pro dari Mac mini, meskipun dia tidak menyebutkan apakah perusahaan berencana untuk merilis versi komputer tersebut. Perangkat itu akan tiba dalam beberapa bulan mendatang.