Akuisisi Twitter, Elon Musk Bebaskan Burung Biru, Parag Agrawal Langsung Dipecat
Elon Musk bawa wastafel di markas Twitter . (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk akhirnya menyelesaikan pengambilalihan Twitter senilai  44 miliar (Rp683 triliun). Kesepakatan ini dipastikan oleh beberapa media AS dan seorang investor di perusahaan tersebut.

Orang terkaya di dunia itu membuat cuitan langsung di akun Twitter,  "burung itu dibebaskan." Sementara Twitter sendiri belum mengkonfirmasi pengambilalihan tersebut. Namun seorang investor awal di perusahaan tersebut mengatakan kepada BBC bahwa kesepakatan telah selesai.

Musk langsung melakukan “perampingan” di manajemen Twitter. Sejumlah eksekutif puncak, termasuk CEO Twitter, Parag Agrawal, dilaporkan langsung dipecat.

Ini mengakhiri kisah gugatan Twitter ke pengadilan Delaware untuk menahan miliarder itu dengan persyaratan kesepakatan pengambilalihan yang dia sebelumnya ia coba hindari.

Menurut laporan media AS, selain Agrawal, kepala keuangan Ned Segal, dan eksekutif hukum dan kebijakan perusahaan, Vijaya Gadde, juga tidak lagi bertahan di Twitter setelah akuisisi ini.

Bahkan  menurut laporan Reuters, Agrawal dan  Segal langsung dikawal keluar dari markas Twitter di San Francisco setelah kesepakatan ditutup.

Pendiri Twitter Biz Stone berterima kasih kepada Agrawal, Segal, dan Gadde atas "kontribusi kolektif" mereka untuk bisnis ini.

Musk sebelumnya mengatakan dia membeli platform media sosial untuk membantu umat manusia dan dia ingin "peradaban memiliki alun-alun kota digital yang sama".

Awal pekan ini Musk men-tweet video dirinya berjalan ke markas Twitter di San Francisco membawa wastafel dapur dengan judul: "biarkan itu meresap!" Dia juga mengubah profil Twitternya menjadi "Chief Twit".

Pada Jumat 28 Oktober siang, "Elon Musk" langsung menjadi trending topic di Twitter dunia, bahkan termasuk di Indonesia. Ini menunjukkan minat pengguna Twitter atas masuknya pemilik baru di platform  medis sosial ini.

Banyak analis berpendapat harga yang sekarang dibayar Musk untuk Twitter ini terlalu tinggi mengingat penurunan nilai banyak saham teknologi dan perjuangan Twitter untuk menarik pengguna dan menumbuhkan iklan.

“Twitter adalah "aset yang baru saja mendekam untuk waktu yang lama, tetapi memiliki potensi luar biasa, meskipun jelas saya dan investor lain membayar lebih untuk Twitter sekarang," kata bos Tesla itu dalam panggilan pendapatan baru-baru ini.

Investasi awal Musk di Twitter awalnya luput dari perhatian publik. Pada bulan Januari, ia mulai melakukan pembelian saham secara teratur, sehingga pada pertengahan Maret ia telah mengumpulkan 5% saham di perusahaan tersebut.

Pada  April, ia terungkap sebagai pemegang saham terbesar Twitter, dan pada akhir bulan kesepakatan akhirnya tercapai untuk membeli perusahaan seharga  44 miliar dolar AS.

Dia juga mengatakan bahwa dirinya  berencana untuk membersihkan akun spam dan melestarikan platform sebagai tempat untuk kebebasan berbicara.

Tetapi pada pertengahan Mei, Musk, yang dikenal sebagai pengguna Twitter yang produktif, mulai berubah pikiran tentang pembelian tersebut, dengan alasan kekhawatiran bahwa jumlah akun palsu di platform itu lebih tinggi daripada yang diklaim Twitter.

Pada Juli dia mengatakan tidak ingin lagi mengakuisisi perusahaan tersebut. Twitter, bagaimanapun, berpendapat miliarder itu secara hukum berkomitmen untuk akuisisi dan akhirnya mengajukan gugatan untuk menahannya pada kesepakatan itu.

Pada awal Oktober, Musk menghidupkan kembali rencana pengambilalihan perusahaan dengan syarat bahwa proses hukum dihentikan sementara.

Terakhir, sebelum resmi mengambil Twitter, Musk berjanji akan menjadikan platform microblogging ini sebagai platform yang paling dihormati oleh para pengiklan.

"Saya pikir pengadilan mendorongnya melewati batas," kata Ross Gerber, kepala eksekutif Gerber Kawasaki Investments  kepada BBC.

"Terus terang, ini semacam bencana sejak awal... Memulai dengan sangat agresif dengan Twitter dengan cara yang benar-benar memaksa Twitter ke meja (perundangan) , kemudian menjadi marah dan meludahi publik tentang apa yang menurut saya adalah masalah yang cukup terkenal," tambah Gerber.

Perubahan Twitter

Meskipun belum ada komentar dari Twitter tentang manajemen barunya, Musk tidak mungkin menyebut dirinya sebagai kepala eksekutif perusahaan. Namun, jelas bahwa dia pada akhirnya akan bertanggung jawab atas perusahaan.

Musk memang berselisih dengan Agrawal pada awal April, sehingga wajar jika CEO Twitter itu kini dijadikan mantan CEO saja.

Dalam pesan pribadi yang terungkap dalam pengajuan pengadilan, Musk berbicara tentang bagaimana Agrawal tidak mengerti bagaimana memperbaiki masalah platform media sosial.

Laporan pemecatannya akan dilihat sebagai sinyal perubahan arah yang jelas untuk Twitter.

Musk yang dikenal sebagai seorang "absolut kebebasan berbicara" gadungan, telah kritis terhadap kebijakan moderasi Twitter dan berita itu akan disambut dengan perasaan campur aduk oleh pengguna dan karyawan Twitter.

Banyak orang aliran kanan di politik AS tentunya akan merayakan kepergiannya. Mereka memandang orang-orang seperti  Agrawal, dan pendahulunya, Jack Dorsey, sebagai kaum liberal yang membatasi kebebasan berbicara.

Mereka juga berpikir bahwa di bawah pengawasan mereka, Twitter telah menyensor suara-suara konservatif - sebuah tuduhan yang dibantah oleh Twitter.