FTX Beri Ganti Rugi Rp92,5 Miliar kepada Korban Phishing, Ini Pertama dan Terakhir
FTX akan memberikan kompensasi sekitar 6 juta dolar AS (Rp92,5 miliar) kepada korban penipuan phishing . (foto: twitter @sbx_ftx)

Bagikan:

JAKARTA - Pertukaran Cryptocurrency FTX akan memberikan kompensasi sekitar 6 juta dolar AS (Rp92,5 miliar) kepada korban penipuan phishing yang memungkinkan peretas melakukan perdagangan tidak sah pada akun pengguna FTX tertentu.

Pendiri dan CEO FTX, Sam Bankman-Fried, memposting di utas Twitter pada 23 Oktober bahwa pertukaran umumnya tidak memberikan kompensasi kepada penggunanya "phishing oleh versi palsu dari perusahaan lain di ruang kripto," tetapi dalam kasus ini, mereka akan memberikan kompensasi pengguna.

Bankman-Fried mengatakan bahwa ini adalah "hal satu kali" dan FTX "tidak akan melakukan ini ke depan."

“INI BUKAN PRESEDEN,” tulisnya, mengklarifikasi bahwa hanya akun pengguna FTX yang akan diganti.

Serangan phishing baru-baru ini membuat penyerang mendapatkan kunci antarmuka pemrograman aplikasi (API) akun pengguna yang memungkinkan mereka melakukan perdagangan tidak sah dengan akun pertukaran kripto mereka.

Serangan itu terungkap pada 21 Oktober setelah 3Commas menyatakan telah diberitahu bahwa beberapa penggunanya memiliki aktivitas perdagangan yang tidak sah.

Setelah penyelidikan awal, FTX dan 3Commas kemudian menangguhkan akun yang mencurigakan untuk menghindari kerugian lebih lanjut dan menonaktifkan semua kunci API yang disusupi.

Pada 19 Oktober, Bankman-Fried menerbitkan sebuah posting blog yang merinci pemikirannya tentang regulasi crypto yang mencakup proposal yang ia sebut sebagai “standar 5-5” di mana peretas menyimpan 5 juta dolar AS atau 5% dari jumlah yang mereka curi, berapa pun itu.

Dalam utas tweet terbarunya, dia berpikir sudah waktunya untuk mencoba standar pemikirannya yang baru, memohon peretas untuk mengirim kembali 95%, sekitar 5,7 juta, dari dana yang dicuri dalam waktu 24 jam, dengan mengatakan "kami akan membebaskan mereka."

Oktober ini telah dijuluki sebagai "hacktober" oleh komunitas kripto karena Chainalysis mengungkapkan pada 13 Oktober bahwa Oktober 2022 telah menjadi "bulan terbesar" untuk aktivitas peretasan, meskipun laporan itu keluar bahkan tidak sampai pertengahan bulan ini.

Pada saat laporan, sekitar 3 miliar dolar AS telah dieksploitasi melalui lebih dari 125 insiden peretasan terpisah sejak awal bulan.