Gandeng FTX, Visa Luncurkan Kartu Debit Kripto di 40 Negara
Visa luncurkan kartu debit kripto. (Foto; Dok. Yahoo Finance)

Bagikan:

JAKARTA - Visa Inc. adalah perusahaan jasa keuangan multinasional yang berbasis di California, Amerika Serikat. Baru-baru ini, perusahaan yang telah bermitra dengan pertukaran kripto terkemuka di AS, FTX, telah mengumumkan peluncuran kartu debit kripto di lebih dari 40 negara.

Pihak Visa menilai mata uang digital memiliki masa depan cerah bagi sistem keuangan di masa depan. “Di Visa, kami percaya bahwa mata uang digital akan memiliki dampak yang langgeng pada masa depan layanan keuangan dan pergerakan uang," kata seorang eksekutif Visa, dikutip dari Bitcoin.com News.

Tidak hanya menjalin kemitraan dengan raksasa bursa kripto FTX, Visa juga bermitra dengan West Realm Shires Services Inc. untuk meluncurkan kartu debit kripto di puluhan negara. Kemitraan Visa dengan kedua perusahaan tersebut merupakan “kemitraan global jangka panjang.”

“Sebagai bagian dari aliansi, FTX akan mulai dengan menawarkan kartu debit Visa bermerek FTX kepada pelanggan FTX secara internasional - dengan fokus pada negara-negara di Amerika Latin, Eropa, dan Asia pada fase awal peluncuran,” detail pengumuman tersebut.

Nantinya, kartu debit dihubungkan langsung ke akun FTX pengguna. Saat ini tersedia di AS, kartu-kartu ini “sekarang sedang diluncurkan secara global di lebih dari 40 negara tambahan, termasuk sebagian besar di negara-negara Amerika Latin," jelas bursa tersebut.

“Fase berikutnya dari peluncuran untuk kartu debit Visa bermerek FTX diharapkan di Eropa sebelum akhir tahun, dengan peluncuran regional tambahan yang direncanakan untuk tahun 2023,” tulis keterangan FTX.

Kartu debit memungkinkan pengguna untuk membayar barang dan jasa dengan saldo kripto di dompet FTX mereka di 80 juta lokasi pedagang di seluruh dunia yang menerima Visa. Pemegang kartu debit FTX Visa tidak akan dikenakan biaya administrasi atau pemrosesan apa pun untuk menggunakan kartu, kata perusahaan kripto.

“Di Visa, kami percaya bahwa mata uang digital akan memiliki dampak yang langgeng pada masa depan layanan keuangan dan pergerakan uang,” kata Cuy Sheffield, kepala bagian kripto di Visa.

“Melalui kemitraan kami dengan Visa, kami terus melihat perluasan lebih lanjut dari hubungan antara aset digital dan ekosistem keuangan global,” kata kepala pembayaran global FTX, Adam Jacobs.

“Meskipun nilainya telah turun, masih ada minat yang stabil pada kripto,” kata CFO Visa Vasant Prabhu kepada CNBC. “Kami tidak memiliki posisi sebagai perusahaan tentang berapa nilai cryptocurrency seharusnya, atau apakah itu hal yang baik dalam jangka panjang - selama orang memiliki barang yang ingin mereka beli, kami ingin memfasilitasinya.”