4 Keuntungan <i>Download Software Attendance Management</i> Bagi Perusahaan Besar dan UMKM
Download software attendance management menjadi solusi yang cocok untuk absensi. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah perusahaanmu saat ini masih menggunakan absensi karyawan dengan mesin pemindai sidik jari yang dipasang di pintu masuk kantor?

Jika kamu mempekerjakan karyawan yang lebih banyak menghabiskan waktu kerja di luar dan tidak dituntut selalu hadir di kantor, maka download software attendance management menjadi solusi yang cocok untuk mereka.

Software attendance management yang lebih fleksibel namun bebas kecurangan. Karyawanmu bisa melaporkan kehadirannya di berbagai tempat terpisah dan memungkinkan kamu memantaunya secara langsung.

Mengenal Software Attendance Management

Seperti namanya, software attendance management untuk karyawan adalah sebuah aplikasi atau software yang berfungsi untuk mencatat waktu kehadiran karyawan saat hendak bekerja.

Karena aplikasi tersebut online, maka segala sistem yang ada di dalam aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan internet. Aplikasi tersebut bisa diakses melalui melalui berbagai perangkat baik itu komputer, tablet, smartphone atau laptop.

Download software attendance management akan memudahkan perusahaan dalam mencatat waktu kehadiran dari karyawannya. Kegiatan pencatatan ini tentunya lebih cepat dibandingkan dengan cara yang manual. Jika secara manual biasanya Anda menggunakan kertas atau sejenisnya yang memakan waktu.

Sedangkan aplikasi absen online tidak perlu memerlukan hal tersebut. Anda hanya perlu download software attendance management dengan mengunduhnya di smartphone atau mengaksesnya di halaman website tertentu yang sudah terhubung dengan sistem absensi online tersebut.

Dengan menggunakan metode online tentu akan mengurangi pekerjaan HR dan juga biaya yang dibutuhkan perusahaan dalam melakukan proses absensi.

Pentingnya Download Software Attendance Management Terbaik untuk Perusahaan

Di luar sana, sudah banyak sekali software attendance management dengan berbagai fitur yang ditawarkan dan tentu saja harga yang beragam pula untuk Anda download software attendance management. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak asal pilih dan mengabaikan kebutuhan absensi karyawan Anda.

Download software attendance management yang baik akan memberikan berbagai kemudahan dan juga keamanan bagi penggunanya, dibandingkan dengan aplikasi HR gratis yang tidak terjamin keamanannya. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih aplikasi presensi terbaik untuk perusahaan Anda saat ini.

Beberapa fitur yang dapat diberikan software attendance management yang baik yaitu seperti melakukan perhitungan gaji, mengelola lembur, pengajuan izin cuti kerja, bertukar shift dan sejenisnya, di luar fitur utamanya yaitu absensi.

Sangat disarankan Anda menggunakan aplikasi presensi terbaik agar membuat perusahaan lebih efektif dan efisien dalam menjalankan bisnisnya.

Fitur Wajib di Software Attendance Management

  1. Terdapat Fitur Yang Menyediakan Efisiensi Waktu

Sistem aplikasi presensi yang baik harus dilengkapi dengan fitur yang membuat waktu jadi lebih efisien. Dengan adanya efisiensi waktu, data kehadiran karyawan di perusahaan tersebut dapat disajikan dan diketahui secara langsung tanpa berbelit-belit.

Dengan demikian, Anda harus memastikan aplikasi yang Anda pilih memilih sistem absensi yang dapat menyajikan data kehadiran secara real-time. Sekarang ini sudah banyak software absensi yang memiliki fitur efisiensi waktu dan terintegrasi langsung dengan perangkat mobile Anda.

2. Terdapat Fitur yang Menjamin Keamanan Data

Keamanan data menjadi salah satu faktor penting dalam sebuah perusahaan. Anda harus memilih aplikasi yang memiliki tingkat keamanan tinggi. Jangan sampai data-data penting mengenai kehadiran karyawan Anda diretas oleh pihak tertentu. Aplikasi presensi yang kurang menjamin keamanan data tentu sangat berisiko bagi kenyamanan kerja karyawan Anda.

Dalam sisi lain akan merugikan diri Anda sendiri, karena mungkin saja seseorang akan mencuri dan memanipulasi data absensi karyawan Anda. Maka dari itu, selektiflah dalam memilih aplikasi dalam hal ketersediaan fitur keamanan data.

3. Fitur yang Dapat Menyajikan Data Secara Akurat

Keakuratan data sangat dibutuhkan oleh HR perusahaan Anda karena keakuratan suatu data mempengaruhi pengolahan terhadap administrasi karyawan perusahaan Anda. Jangan sampai Anda memilih software dengan tingkat akurasi di bawah standar, karena data yang disajikan rentan terdapat banyak kesalahan.

4. Fitur Fleksibilitas

Download software attendance management yang efektif harus memiliki sifat yang fleksibel. Artinya, karyawan Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor untuk absen padahal dia sedang ditugaskan di tempat lain yang jauh dari kantor perusahaan Anda. Dalam hal ini memungkinkan software attendance management dalam jenis perangkat ponsel untuk melakukan absen di mana pun mereka berada.

Keuntungan Download Software Attendance Management

Dibandingkan sistem manual, e-absensi online lebih menguntungkan perusahaan karena memiliki kelebihan berikut:

  1. Lebih Efisien dari Segi Biaya

Ketika Anda download software attendance management tidak membutuhkan perangkat fisik mesin absensi dan pemasangan sistem, sehingga akan menghemat pengeluaran perusahaan. Misalnya, perusahaan mempekerjakan sales di banyak supermarket atau department store, maka kamu tidak perlu membeli dan memasang mesin pencatat kehadiran di setiap tempat mereka bekerja.

Dengan e-absensi, kamu cukup mendaftar, mengunduh aplikasi, dan menggunakannya lewat smartphone berbasis OS Android atau iOS. Karyawanmu bisa melaporkan kehadirannya dengan swafoto di telepon genggam mereka yang sudah terpasang aplikasi.

2. Membuat Karyawan Lebih Produktif

Dengan sistem absensi online, karyawan yang bekerja di luar kantor bisa menghemat banyak waktu tanpa perlu datang ke kantor hanya untuk absen lalu kembali lagi ke tempat mereka bertugas. Daripada membuang waktu di jalan, karyawan bisa lebih produktif dengan fokus di tempat mereka bekerja dan mencatatkan kehadiran lewat aplikasi.

3. Software Attendance Management yang Minim Kecurangan

Absen online menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik sehingga dapat memverifikasi kehadiran seseorang di suatu tempat ketika Anda download software attendance management. Foto wajah akan dicocokkan dengan data karyawan yang tersimpan di sistem, serta posisi pengguna aplikasi memberikan informasi keberadaannya yang terlacak GPS.

Dengan sistem absensi online, karyawan atau siapa pun tidak mungkin melakukan manipulasi atau mengubah data absensi, karena data digital tersebut dienkripsi dan tersimpan aman di server penyedia aplikasi.

4. Memudahkan Analisa Data Kehadiran

Download software attendance management dapat memberikan informasi kehadiran karyawan real-time. Sambil meeting di kantor, kamu bisa mengetahui saat itu juga karyawan yang tidak masuk hari ini. Bahkan, saat kamu bertugas di luar kantor, kamu bisa memantau siapa dan berapa orang yang pagi ini datang terlambat.

Dengan download software attendance management, kamu tidak butuh lagi rekap absensi periodik saat membutuhkan data kehadiran karyawan. Informasi real-time sangat berguna jika kamu ingin menganalisa data absensi untuk mengambil keputusan yang sifatnya mendesak.

Empat kelebihan absensi online di atas bisa kamu temukan di aplikasi Talenta by Mekari. Aplikasi ini memiliki banyak fitur keren yang memudahkan kamu memantau absensi karyawan di berbagai tempat tanpa repot.

Teknologi biometrik wajah, GPS, cloud, dan internet, memberikan fleksibilitas maksimum bagi kamu dan karyawanmu. Kamu tak hanya bisa memantau kehadiran karyawan dan lokasi absensi, tetapi juga jadwal kerja, mencatat dan menghitung jam lembur, serta memudahkan reimbursement.

Bagaimana sistem absensi karyawan bekerja ketika Anda download software attendance management? Karyawanmu dapat melaporkan kehadiran mereka dengan swafoto menggunakan kamera di smartphone, lalu mengirimkannya di aplikasi. Sistem Talenta by Mekari akan mencocokkan data wajah dan lokasi absen dan mencatatkan kehadiran tersebut secara real-time sehingga kamu bisa mengaksesnya saat itu juga.

Keuntungan lainnya, kamu juga bisa download software attendance management yang terintegrasi dengan aplikasi Jurnal dan Klikpajak. Rasakan pengalaman mengelola administrasi penggajian yang serba otomatis, dari menghitung gaji, lembur, tunjangan, THR, bonus, pajak penghasilan, BPJS, hingga mengelola cuti, shift kerja, dan membayar gaji karyawan hanya dengan sekali klik.

Lebih lanjut, Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

  1. Fitur yang Disajikan Sangat Berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya :

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.
  1. Kostumisasi yang Sangat Terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

  1. Tim Support yang Efektif dan Responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Anda bisa lihat website resminya di https://www.talenta.co/ dan pilihlah produk serta layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda!