Bagikan:

JAKARTA - Waze baru saja menambahkan kemampuan agar penggunanya tidak terjebak di jalan terlalu lama. Bermitra dengan otoritas Transport for West Midlands (TfWM), aplikasi tersebut akan mendapatkan informasi seputar jalanan yang akurat.

Dengan kemitraan itu, aplikasi navigasi milik Google akan menerima data tentang penutupan jalan, pekerjaan kosntruksi dan masalah lainnya di jalanan langsung dari TfWM. Sayangnya, fitur ini hanya akan bekerja pada rute antara Midlands dan London saja.

Namun, ada alasan tersendiri mengapa fitur tersebut hanya tersedia di kota itu, sebab perjalanan rata-rata warga London bisa berlangsung lebih dari satu jam, ditambah batas kecepatan mengendarai di kota hanya 20 mph dan banyak sekali pengendara sepeda serta pejalan kaki.

Tentu saja informasi tersebut sangat membantu pengguna selama jam sibuk berlangsung. Rute dan waktu perjalanan sudah dipantau oleh TfWM, tetapi sekarang data ini akan dilengkapi dengan informasi Waze, yang berasal dari pengguna aplikasi dan apa yang mereka temui di jalan.

"Kami mendukung pengemudi dengan berbagi data yang dapat diandalkan tentang waktu perjalanan, pemberitahuan sebelumnya tentang konstruksi dan penutupan jalan, dan pembaruan waktu nyata tentang insiden yang memengaruhi rute mereka," ungkap Country Manager Waze UK, Ru Roberts seperti dikutip dari Standard, Selasa, 11 Oktober.

Sementara TfWM menyatakan kerja sama ini mempermudah mereka menganalisis data di seluruh jaringan jalan raya untuk mengurangi kemacetan, meningkatkan keselamatan di jalan, dan mempercepat waktu perjalanan.

"Bekerja dengan Waze sebagai bagian dari rencana ini akan meningkatkan komunikasi kepada orang-orang yang bergerak di sekitar wilayah tersebut. Memastikan pengemudi menerima informasi real-time dan tepercaya tentang perjalanan mereka untuk menginformasikan keputusan mengemudi mereka," ujar TfWM.

Sebenarnya, Google juga telah menerapkan fitur ini di aplikasi Maps, menunjukkan di mana penutupan jalan dilakukan untuk acara seperti adanya car free day, tetapi gangguan yang lebih kecil seperti perbaikan jalan biasanya tidak terdeteksi. Waze dapat membantu di sini, berkat data yang diberikan oleh otoritas pengelola jalan.