Waze Ajak Pengguna Bernostalgia Lewat Fitur Mode Retro di Aplikasinya
Waze baru saja menambahkan nuansa nostalgia antara tahun 70-an, 80-an hingga 90-an. (foto: Dok. Waze)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi navigasi milik Google, Waze baru saja menambahkan nuansa nostalgia antara tahun 70-an, 80-an hingga 90-an ke dalam tampilan petanya.

Fitur waktu terbatas baru yang disebut Mode Retro itu memungkinkan pengguna untuk mengubah suasana navigasinya dengan menuju ke dekade yang berbeda.

Mode Retro adalah cara untuk merombak total tampilan di aplikasi Waze dan membawa pengguna kembali ke masa lalu. Pengguna dapat mengubah tampilan dan suara aplikasi Waze agar sesuai dengan dekade yang paling mereka rindukan, antara tahun 70-an, 80-an, dan 90-an.

Jika pengguna beralih ke tahun 70-an, mereka akan mendengar instruksi navigasi dari DJ eksentrik dan mengubah tampilan kendaraan penggunaa di aplikasi Waze menjadi bus bergaya VW retro. Mode ini juga mengubah mood Waze menjadi gaya lampu lava.

Sementara, saat pengguna memilih tahun 80-an akan ditampilkan instruktur aerobik untuk navigator dan mobil balap sport bergaris yang ramping, bersama dengan mood-set boombox.

Terakhir, jika memilih tema 90-an, maka akan mengubah aplikasi Waze menjadi PC desktop sementara kendaraan ditampilkan menjadi SUV klasik. Dengan tema 90-an, pengguna akan mendapatkan petunjuk dari bintang pop 90-an.

Pengguna juga dapat saling mencampur era. Di mana mereka dapat memilih suasana PC 90-an dengan mobil sport merah dan DJ 70-an. Suara-suaranya terdengar sangat bagus dan memiliki kebiasaannya sendiri, yang dapat membuat seseorang tetap terhibur di jalan.

Melansie The Verge, Senin, 18 April, Waze juga bermitra dengan TuneIn untuk menghadirkan musik 90-an untuk pengguna di AS saat menyinkronkan dengan aplikasi. Sedangkan pengguna di Inggris mendapatkan trek tahun 70-an, dan 80-an yang akan diputar saat mengemudi di Prancis.

Cara Mengaktifkan Mode Retro di Waze

1. Buka Waze di Perangkat Anda.

2. Di pojok kanan bawah, tap My Waze.

3. Di menu yang muncul, tekan Drive dengan 80-an.

4. Dari sana, Anda dapat mengetuk setiap opsi dan memilih di antara beberapa tampilan mobil, suasana hati, dan suara. Seperti yang disebutkan, jangan ragu untuk mencampur dan mencocokkan antara dekade. Setelahnya ketuk Selesai.

5. Setelah Anda memilih tema, Anda akan melihatnya saat mengemudi berikutnya.

Meski terlihat menarik, sayang fitur ini tidak akan bergahan lama di aplikasi tersebut. Waze mengatakan fitur ini hanya akan ada hingga pertengahan Mei, yang berarti setelah itu, aplikasi navigasi akan kembali ke mode modern yang normal.