<i>Hacker</i> Bjorka Kembali dengan Korban Baru, Kali Ini Sebar Data Kepala BSSN
Bjorka mengunggah foto Hinsa Siburian dengan seragam tentara (foto: Tangkapan Layar / Citra)

Bagikan:

JAKARTA - Hacker Bjorka cukup lama tenggelam dari pemberitaan media, kini muncul lagi dengan korban penyebaran data pribadi atau doxing terbarunya yakni Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian.

Pada unggahannya di forum hacker BreachForums, Kamis, 29 September, Bjorka terlihat mengunggah foto Hinsa dengan seragam tentara dan tak luput bersama tiga bintang di pundaknya.

Hacker tersebut juga menyertakan tangkapan layar dari salah satu media Indonesia dengan judul "Anggaran BSSN Naik Jadi Rp624 M, 'Berkah' Bjorka?".

"Mari kita tanya orang tua ini uang itu akan dipakai untuk apa," tulis Bjorka dalam unggahannya tersebut.

Data pribadi Hinsa yang dipublikasikan oleh Bjorka itu meliputi nomor telepon, nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), alamat, tempat tanggal lahir, pendidikan, agama, status vaksin, dan yang membuatnya berbeda dari yang lain adalah, Bjorka berhasil mendapatkan nomor kendaraan Hisna.

Hacker yang mengaku asal Polandia itu diketahui sempat menghilang selama sepekan, dan unggahan terakhir di forum tersebut hanya memperlihatkan berita Presiden Joko Widodo tengah membentuk tim untuk mengatasi serangan hacker tersebut.

Tim VOI telah meminta keterangan dari juru bicara BSSN, Ariandi Putra. Namun hingga berita ini diturunkan belum juga ada respon terkait peristiwa kebocoran data pribadi Hinsa.Ariandi Putra