Percepatan Transformasi Kendaraan Listrik, Volvo Bakal Luncurkan Empat Model EV Baru
Rencana Volvo meluncurkan empat EV terbaru (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Transformasi kendaraan listrik Volvo semakin cepat. Kabarnya, produsen mobil ini berencana untuk meluncurkan empat model mobil listrik baru setelah berhasil meluncurkan XC40 Recharge Pure Electric, kendaraan listrik (EV) pertamanya di Australia tahun lalu. 

Volvo merencanakan untuk memproduksi keempat model tersebut termasuk dalam semua kategori sedan dan SUV secara lokal pada tahun 2025.

Rencananya akan dimulai di Australia dengan peluncuran SUV kecil C40 bulan depan. Selanjutnya mereka akan meluncurkan EX90, yang akan diproduksi pada 2023, dan penjualan lokal pada 2024.

Lebih lagi, akan ada SUV kompak yang dirilis tahun depan, diikuti dengan model sedan besar empat pintu baru pada 2024 mendatang. 

"Setiap model baru yang kami buat mulai sekarang hanya murni listrik. Tidak ada kata mundur bagi kami,” ungkap Managing Director Volvo Car Australia, Stephen Connor kepada Drive

Connor juga mengatakan bahwa dengan mendatangkan empat model baru yang all-electric pada akhir 2024 ini, ia mengindikasikan berencana mengalahkan target global Volvo untuk menghentikan kendaraan bensin secara bertahap sebelum 2030.

Tapi sayangnya, perusahaan yang berbasis di Swedia itu tidak menetapkan tanggal pasti kapan mobil-mobil berbahan bakar bensin itu akan meninggalkan showroom Australia. 

Connor merasa yakin semua SUV listrik masa depan dalam keluarga Volvo akan mengikuti pola penamaan 'EX'.

C40 listrik adalah satu-satunya mobil listrik Volvo generasi baru yang datang ke Australia pada tahun 2022, dan model SUV XC30 sekarang kemungkinan akan disebut EX30.