Perang Konsol Gim <i>Next-Gen</i> di Masa Depan
Ilustrasi (Photo by Senad Palic on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dunia gaming semakin hari, semakin berkembang seiring pesatnya kemajuan teknologi. Berbagai jenis platform gaming lahir dan bahkan meraih kesuksesan yang cukup fenomenal.

Termasuk konsol gim yang menjadi fenomenal di era 80-an hingga kini. Tak ayal, berbagai pabrikan konsol gim pun turut bersaing meramaikan pasar. 

Di akhir 2020 ini, dua konsol gim turut bersaing ketat memperebutkan pasar mereka yakni Sony dengan PlayStation 5 (PS5) nya dan Microsoft dengan Xbox Series X-nya. Namun, jika melihat kecanggihan teknologi yang dibawa oleh kedua konsol gim ini, dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan para gamer. 

Tetapi di sisi lain, menjelang 2021, pabrikan konsol gim telah mengonfirmasi akan meluncurkan konsol gim terbaru mereka dengan membawa teknologi yang lebih mutakhir. Penasaran siapa di balik itu? Simak ulasannya berikut yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa 24 November.

Prediksi Konsol Gim Tahun Depan

Beberapa bulan yang lalu, rumor muncul bahwa Nintendo sedang mengerjakan konsol baru, konon memiliki kemampuan seperti gim 4K dan perangkat lunak generasi berikutnya.

Namun saat ini, Nintendo telah mengonfirmasi bahwa itu akan bekerja pada platform generasi berikutnya, meskipun beberapa detail lainnya belum menunjukkan kebocoran yang signifikan, seperti dikutip dari Sea IGN.

Menurut laporan perusahaan, Nintendo sedang mengerjakan sistem permainan perangkat keras-perangkat lunak terintegrasi berikutnya. Dan, Nintendo juga telah meminta pengembang untuk membuat gim mereka siap untuk 4K. 

"Di masa depan, Nintendo masih berencana untuk mengembangkan bisnisnya seputar pembuatan produk perangkat keras-perangkat lunak terintegrasi yang unik," ungkap Nintendo.

Nantinya, konsol baru tersebut akan dijuluki seperti gaya Nintendo yakni 20XX atau 4K Switch. Sayangnya, perusahaan tidak merinci lebih lanjut teknologi apa yang dibawa, begitupun dengan tanggal peluncuran.

“Kami mengalokasikan sumber daya internal dengan sangat hati-hati agar teknologi yang kami adopsi dapat menciptakan produk yang tidak disadari konsumen. Untuk melakukan ini, kami tidak bisa begitu saja mengikuti apa yang dilakukan perusahaan lain atau mengejar tren teknologi terkini," ujar Nintendo. 

Banyak yang memprediksi jika nantinya Nintendo akan meluncurkan Switch dengan layar 10 atau 11 inci, dan menawarkan masa pakai baterai yang wajar berkat kapasitas internal tambahannya. Akan ada alasan untuk meningkatkan resolusi layar dan mengurangi kekhawatiran tentang termal.

Lebih lanjut, adapula yang memprediksi Nintendo akan menyematkan teknologi VR dan AR, karena perusahaan telah membicarakannya dari waktu ke waktu, tetapi tidak pernah menunjukkan bahwa mereka sangat tertarik dengan hal itu.

konsol game next-gan (IGN)

PlayStation vs Xbox Series vs Nintendo

Saat ini di dunia gaming, ketiga konsol PlayStation, Xbox Series dan Nintendo tengah berperang merebutkan tahta mereka di pasaran konsol gim. Bahkan melansir Majalah Time untuk daftar Best Inventions of 2020. 

Konsol PlayStation 5 dan Xbox Series X dan Nintendo membawa revolusi di dunia gaming. Sebut saja Nintendo Switch yang memungkinkan konsol tersebut terbagi menjadi handheld maupun docking mode. 

Sedangkan PS 5 dan Xbox menjadi konsol next-gen karena membawa spesifikasi kelas tinggi. Performa kedua konsol tersebut mampu menjalankan game resolusi tinggi dengan 120 frames per second, dari pendahulunya.