Pilih Xbox Series X atau S yang Bakal Dirilis Microsoft
Xbox Series S (Twitter @Xbox)

Bagikan:

JAKARTA - Belum dirilis Xbox Series X, Microsoft justru memperkenalkan konsol lainnya yakni, Xbox Series S. Artinya perusahaan rintisan Bill Gates itu akan meluncurkan dua konsol baru pada musim liburan 2020 mendatang.

Pasalnya konsol Xbox Series S juga bakal dijual pada 10 November, tanggal yang sama dengan kabar peluncuran Xbox Series X. Berbeda dengan Series X untuk gamer kelas berat, konsol Xbox Series S menyasar pasar entry level.

Melansir dari The Verge, Xbox Series S akan dibanderol dengan harga 299 dolar AS atau sekitar Rp4,4 jutaan. Sementara untuk Series X akan dijual dengan harga yang lebih mahal sekitar 499 dolar AS atau setara Rp7,7 jutaan. 

Microsoft belum mengonfirmasi spesifikasi lengkap untuk Xbox Series S. Namun konsol berukuran lebih kecil dari Xbox Series X ini bakal mampu bermain gim di resolusi gambar 1080p dan 1440p. 

Konsol ini juga mengusung RAM 7,5GB daripada 13,5GB yang terpasang di seri X dengan kinerja sekitar 4 teralop. Xbox Series S kabarnya akan berbagi CPU yang sama dengan Xbox Series, namun dengan spesifikasi yang lebih rendah dari Xbox Series X.

Sayangnya Microsoft tidak menyediakan slot drive disk di Xbox Series S. Sehingga ekspansi play load gim akan dialokasikan di ruang penyimpanan sebesar 512GB SSD NVME.

Desain Xbox Series S juga cukup unik dengan bentuk persegi panjang. Di bagian depan, terdapat lubang besar tempat sirkulasi udara berlangsung. Ini berbeda dengan posisi ventilasi udara Xbox Series X yang berada di bagian atas konsol.

Meski menjadikannya konsol gim murah, Microsoft berencana untuk meluncurkan Xbox Series X ini pada musim liburan tahun ini, hampir bersamaan dengan peluncuran konsol Sony PlayStation 5. Sehingga membuatnya masuk dalam konsol Next Gen.