Kini Pengguna Coinstar Dapat Konversi Uang Tunai ke <i>Cryptocurrency</i> DOGE, XLM, dan LTC
Coinstar mulai perdagangkan mata uang kripto. (foto: dok. Coinstar)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan layanan keuangan AS, Coinstar, baru-baru ini mengumumkan penggunanya dapat menggunakan uang tunai untuk membeli mata uang kripto Dogecoin (DOGE), Stellar Lumens (XLM), Litecoin (LTC), dan lainnya.

Coinstar sudah terjun ke dunia cryptocurrency sejak empat tahun lalu pasca bermitra dengan salah satu perusahaan perdagangan mata uang kripto Coinme. Dengan adanya pengumuman di atas, pembeli dapat menukar uang tunai mereka dengan mata uang kripto setelah membuat akun di Coinme.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan cara lain yakni dengan membeli voucher kripto di mesin ATM Coinstar. Setiap pembelian voucher dikenakan potongan biaya sebesar 4%, ini terbilang mahal untuk membeli mata uang kripto. Oleh karenanya, pembelian efektif adalah dengan menggunakan cara pertama.

Selain itu, harga cryptocurrency di Coinstar juga cukup variatif. Ini dapat dimaklum karena pengaruh dari fluktuasi harga Bitcoin (BTC). Selanjutnya, untuk membeli kripto di Coinstar, pengguna yang mendaftar akun harus mengunggah SIM atau dokumen lain untuk verifikasi akun.

Sebelumnya, pada Oktober tahun lalu, perusahaan retail Walmart telah memasang sekitar 200 mesin ATM Coinstar di toko-tokonya yang terletak di berbagai lokasi. Ini ditujukan sebagai program percontohan.

Melansir UToday, Coinstar mengoperasikan jaringan lebih dari 9.000 mesin ATM  Coinme di seluruh negeri. Pada bulan April, Coinstar melebarkan sayapnya ke Vermont, menempatkan kiosnya di supermarket tertentu yang dioperasikan oleh Hannaford, Tops Friendly Markets, serta di beberapa toko Shaw's dan Star Market. Juli lalu, ia berekspansi ke Connecticut. Menurut CEO Coinstar Jim Gaherity, para pelanggan menginginkan lebih banyak mata uang kripto yang tersedia di mesin Coinme.