Pemasangan ATM Bitcoin di Seluruh Dunia Tahun Ini Turun Drastis, Pasar Mulai Jenuh?
Pemasangan ATM Bitcopin mengalami penurun tajam di seluruh dunia. (foto: twitter @OGpidgeon)

Bagikan:

JAKARTA - Pemasangan ATM Bitcoin (BTC) di seluruh dunia telah mengalami penurunan tajam sepanjang tahun 2022. Pada  bulan Mei tercatat hanya terdapat 202 ATM BTC baru. Jumlah ini sama dengan pemasangan pada  tiga tahun lalu, 2019.

Sejak Januari, instalasi ATM Bitcoin mengalami perlambatan bertahap, akhirnya turun 89,75% dari 1.971 instalasi baru pada Desember 2021. Namun, data dari Coin ATM Radar mengungkapkan terdapat kebangkitan yang nyata dalam jumlah pemasangan, karena mereka melihat 817 ATM Bitcoin baru dipasang pada bulan Juni. Ini hanya dalam lima hari pertama.

Beberapa faktor utama yang berkontribusi terhadap perlambatan instalasi ATM kripto termasuk ketegangan geopolitik di seluruh dunia, peraturan yang tidak jelas atau anti-kripto, kejenuhan pasar, dan dampak bisnis karena pandemi virus corona yang sedang berlangsung.

Data Coin ATM Radar mengonfirmasi bahwa Amerika Serikat adalah rumah bagi 87,9% dari total 37.826 ATM kripto di seluruh dunia. Eropa memiliki jaringan 1.419 ATM, yang mewakili 3,8% dari instalasi ATM global.

Pabrikan ATM Crypto, Genesis Coin, mempertahankan posisinya sebagai pemimpin dalam hal pangsa pasar, mewakili 41% dari total operasional ATM kripto  di seluruh dunia. Produsen lain dengan pangsa pasar yang menonjol termasuk General Bytes (21,6%), Bitaccess (16%), Coinsource (5,4%) dan Bitstop (4,7%).

Sementara tantangan dunia nyata mungkin memiliki dampak sesaat pada ekspansi fisik Bitcoin melalui ATM, pada intinya, jaringan Bitcoin terus mengungguli rekor sebelumnya dalam mengamankan, mendesentralisasi, dan mempercepat jaringan peer-to-peer yang tidak dapat ditembus.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph berdasarkan data dari Bitcoin Visuals, kapasitas Bitcoin Lightning Network (LN) mencapai level tertinggi sepanjang masa sebesar 3.915,776 BTC — semakin meningkatkan kecepatan transaksi BTC dan mengurangi biaya melalui protokol layer-2. Bitcoin LN pertama kali diimplementasikan ke dalam jaringan utama Bitcoin pada tahun 2018 untuk mengatasi masalah skalabilitas Bitcoin yang terkenal.