Meta Digugat <i>Class Action</i> karena Kumpulkan Data Kesehatan Pasien di AS Tanpa Izin
Meta Platform Inc. digugat karena bagiakn data pribadi. (foto: tangkapan layar @meta)

Bagikan:

JAKARTA – Meta Platform Inc., perusahaan induk Facebook  dan rumah sakit besar AS diduga telah melanggar undang-undang privasi medis dengan alat pelacak yang mengirimkan informasi kesehatan ke Facebook. Hal ini diketahui dalam  dua buah gugatan class action yang diajukan terhadap mereka.

Tuntutan hukum, yang diajukan di Distrik Utara California pada bulan Juni dan Juli, berfokus pada alat pelacak Meta Pixel. Alat ini dapat dipasang di situs web untuk menyediakan analitik pada iklan Facebook dan Instagram. Alat ini juga mengumpulkan informasi tentang bagaimana orang mengklik dan memasukkan informasi ke situs web tersebut.

Investigasi oleh The Markup pada awal Juni menemukan bahwa 33 dari 100 rumah sakit teratas di Amerika Serikat menggunakan Meta Pixel di situs web mereka. Di tujuh rumah sakit, itu dipasang di portal pasien yang dilindungi kata sandi. Penyelidikan menemukan bahwa alat itu mengirimkan informasi tentang kondisi kesehatan pasien, janji dengan dokter, dan alergi obat ke Facebook.

Dalam salah satu tuntutan hukum, seorang pasien mengatakan bahwa informasi medisnya dikirim ke Facebook oleh alat Meta Pixel di portal pasien Universitas California San Francisco dan Dignity Health, di mana rumah sakit tersebut juga menjadi terdakwa dalam gugatan itu. Menurut gugatan itu, pasien kemudian disuguhi iklan yang ditujukan untuk kondisi jantung dan lututnya.

Gugatan lainnya, muncul dari seorang pasien di MedStar Health System di Baltimore, Maryland, yang menuduh bahwa setidaknya 664 penyedia layanan kesehatan telah mengirim data medis ke Facebook melalui Meta Pixel.

Di bawah undang-undang privasi medis HIPAA, organisasi layanan kesehatan memerlukan persetujuan pasien untuk membagikan informasi kesehatan yang dapat diidentifikasi secara pribadi dengan kelompok luar.

Meta mengatakan bahwa grup yang menggunakan Meta Pixel harus memiliki hak untuk membagikan data sebelum mengirim data itu ke Facebook dan menyaring data kesehatan yang sensitif.

Tuntutan hukum juga menuduh bahwa Meta secara sadar tidak menegakkan kebijakan tersebut dan menempatkan Pixel di situs web organisasi perawatan kesehatan meskipun mengetahui bahwa itu akan mampu mengumpulkan informasi kesehatan pribadi.

Tuntutan hukum harus disertifikasi sebagai class action oleh hakim sebelum mereka dapat melanjutkan. Jika salah satu berhasil, mereka dapat membawa kerugian atas nama semua pengguna Facebook yang penyedia medisnya menggunakan Meta Pixel.

Terkait