Perubahan Meta Platform Inc., Lebih Baik “Sakit” Sebentar Agar Kelak Profit Lebih Besar
Peerubahan di Instagram belum menampakkan hasil. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA –Meta Platform Inc.,  mungkin terletak pada metaverse, tetapi ketika perusahaan melaporkan hasil pada  Rabu, 27 Juli investor akan fokus melihat pada dua taruhan langsung: yakni memompa penawaran video pendek Reels untuk bersaing dengan TikTok dan membangun kembali sistem iklannya setelah Apple  membatasi akses ke data pengguna.

Chief Executive Mark Zuckerberg percaya itu akan memakan waktu, dan bahwa perusahaan perlu mempercepat prosesnya.

Meta diperkirakan akan mencatat penurunan pendapatan pertama dalam sejarahnya sebagai perusahaan publik, turun 0,4% menjadi sekitar  29 miliar dolar AS, menurut data IBES dari Refinitiv.

Investor juga bersiap untuk pertumbuhan pengguna yang datar dan penurunan laba kuartal ketiga berturut-turut dan mengamati tanda-tanda pemotongan proyek perangkat keras dan perekrutan yang lebih lambat untuk mengelola biaya alias penghematan.

Raksasa media sosial itu tahun ini telah meluncurkan desain ulang Facebook dan Instagram, meniru tampilan TikTok, media sosial  pesaingnya, dan rekomendasi video pendek viral yang didorong oleh algoritma.

Meta juga berinvestasi besar-besaran untuk membangun kembali sistem iklannya di sekitar data penggunanya sendiri, setelah perubahan privasi yang diperkenalkan tahun lalu oleh Apple telah menurunkan kemampuan penargetan iklan Meta.

Zuckerberg mengatakan kepada karyawan melalui telepon, yang berlangsung pada 30 Juni, bahwa Reels mewakili "peluang besar" untuk Meta, tetapi juga mencatat bahwa formatnya "masih hanya sekitar 15% dari ukuran TikTok."

"Saya pikir secara realistis kita melihat satu setengah tahun, bahkan mungkin lebih lama, sebelum kita benar-benar memiliki pandangan untuk memiliki posisi kepemimpinan yang kuat," katanya, seperti dikutip Reuters.

Garis waktu untuk membangun kembali sistem iklan serupa, katanya. Dia berulang kali mendesak staf untuk meningkatkan "intensitas" mereka untuk melewati periode tersebut.

Sementara Meta memiliki data pengguna pihak pertama terkuat di industri, ia juga "memiliki banyak kredibilitas untuk dipulihkan sebelum investor merasa nyaman dengan mempertahankan posisi kepemimpinannya dalam pertumbuhan sekuler periklanan digital," tulis analis dari RBC Capital Markets.

Zuckerberg mengatakan kepada karyawan bahwa ekonomi telah memburuk sejak eksekutif pertama kali merencanakan Reel dan perubahan iklan, dan menguraikan rencana untuk mempercepat transisi sehingga keuntungan dari bisnis inti dapat mendanai taruhan metaverse jangka panjang Meta.

"Tugas kami pada dasarnya adalah untuk membawa sebanyak mungkin bisnis yang mungkin tiga tahun keluar menjadi dua tahun, atau satu setengah tahun keluar, sementara juga mendorong hal-hal seperti biaya dan pertumbuhan biaya," katanya, seperti dikutip Reuters.

Jika diperlukan, tambahnya, kecenderungannya adalah untuk "mengambil lebih banyak rasa sakit dalam hal profitabilitas yang sedikit lebih sedikit" dalam jangka pendek, daripada mengurangi "pendanaan untuk hal-hal di masa depan."