Snapchat, Spotify dan Google Cloud Sempat <i>Down</i> Meski Kini Normal Lagi, Apa Penyebabnya?
Beberapa platform media sosial sempat mengalami down pada Selasa 16 November . (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa aplikasi media sosial seperti Snapchat, Spotify dan Google Cloud Alphabet kembali online setelah sempat mengalami pemadaman global singkat pada Selasa, 16 November.

Google mengatakan masalah dengan Jaringan Cloud-nya, yang menganggap Etsy, Spotify dan Snap Inc sebagai klien, sebagian diselesaikan segera setelah ribuan pengguna menandainya di situs web pelacakan pemadaman downdetector.com.

Dasbor Google Cloud sebelumnya menunjukkan bahwa layanan termasuk alat pengembang cloud, konsol cloud, dan mesin cloud menghadapi gangguan.

Spotify mengatakan telah mengetahui "beberapa masalah tersebut dan saat ini sedang memeriksanya". Ini dilakukan setelah lebih dari 50.000 pengguna melaporkan masalah pada DownDetector, tetapi gangguan tersebut telah diselesaikan, menurut situs web tersebut.

"Banyak Snapchatters mengalami masalah saat menggunakan aplikasi. Tunggu sebentar, kami sedang memperbaikinya. Sementara itu, kami sarankan untuk tetap masuk," kata dukungan Snapchat sebelumnya dalam sebuah tweet.

Fastly, perusahaan cloud di balik pemadaman internet global utama pada bulan Juni, mengatakan melihat peningkatan kesalahan dengan asal-usul dalam "penyedia cloud umum, tidak terkait dengan platform cloud edge Fastly."

Gangguan singkat Selasa 16 November menyusul pemadaman luas enam jam bulan lalu yang melumpuhkan Meta Platforms Inc (facebook, Instagram dan Whatsapp), sebelumnya dikenal sebagai Facebook Inc, setelah perubahan konfigurasi yang salah pada router perusahaan.

Downdetector hanya melacak pemadaman dengan menyusun laporan status dari serangkaian sumber, termasuk kesalahan yang dikirimkan pengguna pada platformnya. Pemadaman mungkin telah memengaruhi lebih banyak pengguna.