Bursa Kripto Kraken Diselidiki Departemen Keuangan AS, Ini Penyebabnya!
Platform perdagangan kripto Kraken dalam investigasi Depkeu AS. (Blokcduo)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu perusahaan perdagangan kripto terkemuka di Amerika Serikat, Kraken, tengah diinvestigasi oleh Departemen Keuangan AS terkait adanya dugaan perdagangan kripto dengan Iran.

Menurut laporan terbaru, investigasi tersebut diungkapkan oleh lima orang yang berafiliasi dengan bursa kripto Kraken. Kelima orang tersebut memilih untuk tidak mengungkapkan informasi diri mereka ke publik karena takut terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyelidikan yang dilakukan Depkeu AS itu diduga sudah dimulai sejak tahun 2019. Jika benar, maka Kraken akan menjadi perusahaan kripto terbesar yang menghadapi tindakan penegakan peraturan dari Kantor Pengendalian Aset Asing (OFAC) atas pelanggaran sanksi yang berkaitan dengan Iran.

Sebagai informasi, OFAC adalah divisi dari Departemen Keuangan AS yang mengatur dan menerapkan sanksi ekonomi dan dagang berdasarkan kebijakan luar negeri AS, serta tujuan keamanan nasional terhadap negara dan rezim asing, teroris, pengedar narkoba internasional, pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan proliferasi senjata pemusnah massal, dan ancaman lain terhadap keamanan nasional, kebijakan luar negeri, maupun ekonomi Amerika Serikat, dilansir dari Zendesk.

Iran adalah salah satu negara yang terkena sanksi ini. AS telah membatasi perdagangan dengan negara tersebut setelah peraturan pembatasan diterapkan pada tahun 1979. Sejak itu, pemerintah melarang ekspor barang dan jasa apa pun ke Iran.

Melansir CryptoPotato, juru bicara Departemen Keuangan mengatakan pihaknya tidak mengomentari penyelidikan potensial atau yang sedang berlangsung. Demikian pula, Chief Legal Officer Kraken, Marco Santori mengatakan perusahaan “tidak mengomentari diskusi khusus dengan regulator.”

“Kraken memantau dengan cermat kepatuhan terhadap undang-undang sanksi dan, secara umum, melaporkan kepada regulator bahkan masalah potensial,” kata Santori.

Informasi tambahan, Kraken merupakan bursa kripto yang didirikan pada 28 Juli 2011 di Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jesse Powell. Kraken bernilai sekitar 10 miliar dolar AS pada pertengahan musim panas tahun ini.