Puluhan Proyek dari Terra (LUNA) Migrasi ke Polygon (MATIC)
Puluhan proyek Terra LUNA pindah ke Polygon MATIC. (Dmarge)

Bagikan:

JAKARTA - Keruntuhan Terra (LUNA) dan TerraUSD (UST) pada Mei lalu telah mengurangi kepercayaan investor dan pengembang proyek. CEO Polygon Studios, Ryan Wyatt, menyatakan bahwa saat ini sekitar protokol Web3 dari blockchain Terra (LUNA) sedang migrasi ke blockchain lain.

Sekitar 50 protokol memutuskan untuk bermigrasi ke jaringan Polygon (MATIC). Wyatt menyampaikan bahwa saat ini baru sekitar 40-an proyek yang bermigrasi. Dia juga menyatakan itu akan bertambah.

“PEMBARUAN: Proyek Terra telah memulai migrasi. Lebih dari 48 proyek dan terus bertambah… termasuk @OnePlanet_NFT, pasar eksklusif @0xPolygon , dan @DerbyStars_HQ!” tulis dari pengumuman Ryan Wyatt.

“Sungguh luar biasa bisa membantu dan menyambut semua pengembang hebat ini ke ekosistem kami yang berkembang pesat!” tambahnya.

Menurut Mr. Wyatt, lebih dari 48 proyek, termasuk ekosistem NFT One Planet dan protokol Play-to-Earn Derby Stars HQ, telah mentransfer beban kerja pengembangan mereka ke jaringan Polygon (MATIC).

Pada 15 Mei, di tengah fase paling dramatis dari keruntuhan Terra (LUNA), CEO Polygon Studios menyatakan bahwa ekosistemnya akan mendukung migrasi protokol ke Polygon.

Dia mengklaim bahwa Polygon akan "menempatkan modal dan sumber daya" untuk memastikan migrasi mulus dari kedua proyek dan komunitas mereka dari Terra (LUNA).

Seperti yang dikabarkan U.Today sebelumnya, ekosistem Terra (LUNA) runtuh karena penarikan likuiditas yang dramatis dari Anchor Protocol (ANC), yang merupakan blok bangunannya.

Baik LUNA dan UST turun menjadi hampir nol dalam beberapa hari. Pada 27 Mei 2022, Do Kwon Terra memulai kembali blockchain sebagai Terra 2.0. Namun, ekosistem dAppsnya telah hancur.

Sebelum runtuh, Terra (LUNA) adalah platform smart-contract terbesar berdasarkan nilai total terkunci (TVL) di belakang Ethereum (ETH). Dalam beberapa minggu terakhir, metrik TVL-nya turun hampir 1.000 kali, menurut pelacak DeFi Llama.

Kendati begitu belum diketahui apakah jumlah total proyek yang akan beralih dari jaringan Terra ke jaringan Polygon (MATIC). Pasalnya, jumlah tersebut semakin bertambah setiap harinya.