Polygon Luncurkan Jaringan Supernets untuk Dukung Web3
MATIC luncurkan proyek baru namanya Supernets. (foto: dok Polygon Technology)

Bagikan:

JAKARTA – Polygon (MATIC) selaku jaringan layer 2 sudah resmi mengumumkan proyek terbarunya yakni Supernets pada 22 April lalu. Supernets merupakan protokol blockchain yang ditujukan untuk mendukung teknologi Web3.

Selanjutnya pihak Polygon  menjanjikan 100 juta dolar AS (sekitar Rp1,5 triliun) bagi pengguna Supernet awal. Ini dinilai bisa membantu proses percepatan adopsi. Pengumuman juga memaparkan bahwa Supernets pada dasarnya adalah jaringan Polygon Edge.

Polygon Edge adalah tumpukan blockchain yang dapat disesuaikan yang memungkinkan pengguna untuk meluncurkan jaringan blockchain khusus yang melakukan hal-hal tertentu. Setelah peluncuran Edge 11 bulan yang lalu, tim telah mengungkapkan Polygon Supernets, sebuah proyek yang didukung oleh Edge dengan kompleksitas yang lebih sedikit.

Sementara Supernets masih menggunakan Edge, peluncuran terbaru menawarkan “beberapa karakteristik penting” yang mengurangi kerumitan yang terkait dengan Edge. Supernet memungkinkan pengembang untuk membangun jaringan khusus tanpa semua biaya yang terkait dengan server.

Tim Polygon mengatakan Supernets adalah solusi khusus, karena “setiap Supernet dibuat dan dijalankan untuk aplikasi, proyek, atau kasus penggunaan tertentu,” yang memberi pengguna keuntungan dari “hosting Web3 khusus.” Jaringan juga dapat diamankan menggunakan aset kripto asli Polygon, MATIC.

Untuk meningkatkan kesadaran dan adopsi, Polygon lebih lanjut mengungkapkan bahwa mereka mengalokasikan 100 juta dolar AS untuk pengguna awal Supernet.

“Sangat bersemangat untuk memperkenalkan Polygon Supernets yang ditenagai oleh Polygon Edge,” tulis tim Polygon melalui postingan Twitter resminya.

“Polygon Supernets adalah blockchain yang berdedikasi dan terukur yang bertujuan untuk memicu adopsi massal Polygon dan Web3. Untuk mendukung produk dan tujuan ambisius ini, kami mengumumkan dana dukungan $100 juta,” lanjut utas Tweet tersebut.

Polygon telah membuat banyak perkembangan dan pergerakan bisnis selama 12 bulan terakhir, dan selama minggu pertama bulan Februari, proyek ini mengumpulkan 450 juta dolar AS dari investor seperti Sequoia Capital India, Softbank, dan Kevin O'Leary dari Shark Tank.

Desember lalu, Polygon mengakuisisi Mir Protocol seharga 400 juta dolar AS dan pada bulan yang sama Polygon memulai dana Web3 berbasis media sosial senilai 200 juta dolar AS dengan modal ventura Seven Seven Six Alexis Ohanian.

April ini, Polygon mengumumkan peluncuran platform identitas tanpa pengetahuan untuk Web3. Menurut pengumuman Supernet hari Jumat, 100 juta dolar AS akan didistribusikan untuk hal-hal seperti kontrak pengembangan, kontrak penelitian, hibah, integrasi dan kemitraan pihak ketiga, orientasi dan migrasi, penambangan likuiditas, dan akuisisi.

“Agar adopsi massal Web3 berlangsung, sangat penting untuk mengabstraksikan kompleksitas pengembangan blockchain dan secara bersamaan menawarkan kemampuan penskalaan dan personalisasi. Polygon Supernets memberikan semua ini, memungkinkan proyek apa pun untuk mempercepat ambisi blockchain mereka dan bergabung dengan ekosistem multi-rantai Polygon yang sedang berkembang,” kata salah satu pendiri Polygon, Mihailo Bjelic, sebagaimana dirangkum dari Bitcoin.com News.

Saat penulisan Polygon (MATIC) diperdagangkan di level Rp18.932. Data dari Coingecko menunjukan bahwa performa harga MATIC mengalami penurunan sebesar 4,2 persen dalam 24 jam terakhir.