Tabrakan Kripto dengan Dunia Balap, VSR Lamborghini Cetak NFT  Sertifikasi Suku Cadang dan <i>Merchandise</i> Asli
Lamborghini, telah mengumumkan kemitraannya dengan platform nonfungible token (NFT) Go2NFT. (foto: twitter @VSRacing1)

Bagikan:

JAKARTA - Vincenzo Sospiri Racing (VSR), tim balap GT yang didukung oleh departemen motorsport Lamborghini, telah mengumumkan kemitraannya dengan platform nonfungible token (NFT) Go2NFT untuk meluncurkan program yang mensertifikasi suku cadang mobil balap.

Dalam pengumuman yang dikirim ke Cointelegraph, mantan juara balap Vincenzo Sospiri dari VSR menyebutkan bahwa tim mereka akan membangun sertifikasi NFT untuk mobil balap mereka dengan Go2NFT dan platform blockchain Skey Network. Ini akan memungkinkan mereka untuk memantau dan memastikan kualitas suku cadang mobil.

“Ini juga membawa tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa kami dapat dengan aman mengotentikasi dan mengaudit setiap bagian dari armada balap kami untuk memantau kinerja dan memastikan asalnya,” kata Vincenzo Sospiri, seperti dikutip Cointelegraph.

Selain suku cadang mobil, VSR juga ingin memperluas program sertifikasi NFT untuk merchandise resmi dan juga produk lainnya. Menurut tim, hal ini akan memberikan ketenangan pikiran bagi para penggemar saat membeli barang-barang bermerek, karena terjamin keasliannya.

Boris Ejsymont, seorang eksekutif di Go2NFT, menyebutkan bahwa tim mereka memahami tantangan yang dihadapi merek dalam hal melindungi kekayaan intelektual mereka. Bahkan mereka percaya bahwa NFT dapat memberikan solusi.

“Kami percaya bahwa utilitas NFT dapat membantu menciptakan lebih banyak kepercayaan dan transparansi bagi merek dan penggemar mereka. Proyek dengan VSR ini hanyalah awal dari banyak kerja sama semacam itu untuk merek-merek tercinta di seluruh dunia,” kata Ejsymont.

Dunia balap dan kripto telah “bertabrakan” dengan baik pada tahun 2022. Kembali pada bulan Februari, tim balap Formula 1 Red Bull Racing juga telah mencetak kemitraan  150 juta dolar AS (Rp 2,2 triliun) dengan platform pertukaran crypto Bybit.

Dalam sebuah wawancara dengan Cointelegraph, pendiri Bybit, Ben Zhou, mengatakan bahwa kemitraan tersebut memungkinkan timnya untuk menjangkau orang-orang yang baru mengenal ruang crypto.

Pada bulan Maret, Crypto.com bermitra dengan tim Formula 1 dan pabrikan mobil, Aston Martin. Dengan kesepakatan itu, mobil F1 merek tersebut akan menampilkan iklan bursa. Jefferson Slack, seorang eksekutif di Aston Martin, mencatat bahwa langkah tersebut memungkinkan produsen mobil untuk lebih memahami ruang crypto.