Bagikan:

JAKARTA – Platform perdagangan seni digital NFT OpenSea ditinggal oleh salah satu pendirinya, Alex Atallah. Baru-baru ini dia mengumumkan rencana pengunduran dirinya pada Agustus mendatang.

Atallah menyampaikan rencananya lewat postingan Twitter. Dia juga telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh tim di OpenSea. Dia mengklaim keputusannya untuk mundur datang dari keinginan untuk terus berinovasi di bidang lain.

Di saat OpenSea masih berupa perusahaan kecil yang berjalan dengan margin yang ketat dan pandangan ke depan yang tajam, Atallah mengambil peran kepemimpinan di berbagai bidang internal – seperti pengembangan bisnis, dukungan komunitas, pemasaran, dan sebagainya.

Pengaturan seperti itu cukup umum untuk perusahaan kecil yang baru dibangun pada saat itu, OpenSea hanya dapat membanggakan seratus koleksi yang terdaftar di platform. Pertumbuhan perusahaan dari galeri seni digital kecil dan tidak begitu populer berubah menjelma menjadi raksasa seperti sekarang ini.

Untuk menjadi OpenSea yang sekarang ini, perusahaan membutuhkan waktu hampir tiga tahun. Namun, menyusul kenaikan mengejutkan dalam bisnis yang dimulai pada Februari 2021, ketika NFT menikmati peningkatan tajam dalam popularitas, perusahaan mulai mencari sosok visioner untuk memimpin OpenSea.

Alex Atallah masih memiliki peran penting di OpenSea hingga saat ini. Perusahaan masih membutuhkan dukungan Atallah selain sebagai Chief Technology Officer (CTO) yang dia jabat saat ini, yakni sebagai Engineering dan OpenSea Ventures.

Babak Baru OpenSea

Setelah pengangkatan Marko Iskander sebagai Wakil Presiden Teknik yang baru dan Nadav Hollander sebagai CTO baru, Atallah dibebaskan dari sebagian besar tanggung jawabnya.

Namun, dia menyatakan niatnya untuk tetap berada di dewan direksi OpenSea dalam kapasitas sebagai penasihat. Atallah menegaskan kembali bahwa dia mengundurkan diri dengan catatan positif dan bermaksud untuk menjadi pendukung platform, meskipun dalam peran yang lebih rendah.

“OpenSea akan selalu menjadi bagian dari saya. Saya tidak mungkin berhenti memikirkan masalah menarik yang kami pecahkan setiap hari, bahkan jika saya mencobanya. Devin (salah satu pendiri OpenSea) telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam mengelola OpenSea ke level yang tidak pernah kami prediksi,” ujar Alex Atallah.

Selain menyerahkan OpenSea ke tangan Devin, dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh tim atas upaya mereka yang berkelanjutan. Alex akan mengakhiri jabatannya pada tanggal 30 Juli mendatang, sebagaimana dirangkum dari Cryptopotato.