Hindari Monopoli, Facebook Berkomitmen Berikan Akses Data Sektor Periklanan <i>Online</i> di Prancis
Facebook, bagikan data iklan online di Prancis.

Bagikan:

JAKARTA - Badan pengawas anti-trust Prancis mengatakan pada Kamis, 16 Juni bahwa mereka telah menyetujui komitmen yang dibuat oleh pemilik Facebook, Meta Platforms Inc., mengenai sektor periklanan online di Prancis.

Menurut regulator Prancis itu, Meta telah berkomitmen untuk memberikan akses selama periode lima tahun ke inventaris iklan dan data kampanye kepada apa yang disebut perusahaan teknologi periklanan sebagai kondisi yang transparan, objektif, dan dapat diprediksi.

"Ini pertama kalinya Meta membuat komitmen kepada otoritas persaingan (atas sektor iklan)," kata Wakil Ketua Otoritas Persaingan Prancis, Henri Piffaut, seperti dikutip Reuters.

Sementara Facebook sendiri tidak segera menanggapi permintaan komentar. Keputusan antimonopoli mengikuti ini keluhan oleh grup periklanan online Prancis, Criteo.

Meta menyediakan akses ke data periklanan melalui Mitra Bisnis Meta dan telah berkomitmen bahwa perusahaan teknologi iklan dapat mengaksesnya ketika tingkat pengeluaran terpenuhi pada antarmukanya.

Komitmen yang dibuat oleh Meta berlaku untuk inventaris iklan di semua platform Meta, termasuk Facebook dan Instagram.

Menurut Otoritas tersebut, komitmen tersebut juga berlaku untuk perusahaan teknologi iklan yang berpartisipasi dalam setidaknya satu kampanye iklan yang dilihat oleh pengguna Meta di Prancis, kata otoritas tersebut.

Perusahaan teknologi iklan juga bisa memanfaatkan data yang dikumpulkan secara online untuk berpartisipasi dalam kampanye iklan online, yang bertujuan untuk menargetkan pengguna Internet dengan pesan yang sesuai dengan selera mereka.

Tujuan umum otoritas antimonopoli adalah untuk menawarkan kondisi pasar yang tidak diskriminatif kepada semakin banyak perusahaan yang muncul di sektor online.

"Anda dapat mengembangkan ekosistem tetapi tidak boleh mengecualikan pesaing," kata Piffaut.