JAKARTA - Terkadang agak terlalu jelas ketika sebuah perusahaan meluncurkan kampanye iklan besar di YouTube. Jika Anda adalah penonton biasa, Anda mungkin akan melihat iklan yang sama berulang-ulang. Namun pekan ini, YouTube mengumumkan bahwa mereka akan memperluas kekuatan alat yang memungkinkan merek mengontrol seberapa sering iklan mereka ditampilkan kepada pengguna tertentu.
Google sebelumnya meluncurkan alat frekuensi iklan bernama Display & Video 360 pada Februari lalu untuk mencakup kampanye iklan yang berjalan di berbagai aplikasi TV pintar, termasuk aplikasi YouTube dan aplikasi dari pesaing seperti Hulu.
Pekan ini, YouTube meluncurkan alat pelengkapnya sendiri, Frekuensi YouTube, yang menghitung iklan yang ditampilkan tidak hanya di aplikasi TV pintar YouTube. Akan tetapi juga di seluruh platform seluler dan desktopnya. Gabungan, program ini seharusnya berarti lebih sedikit spam iklan bagi pemirsa.
YouTube berpendapat melihat iklan yang sama berulang kali tidak hanya menyakitkan bagi konsumen namun itu juga buruk bagi perusahaan. Mereka ingin tahu tidak hanya bahwa iklan mereka tidak mengganggu calon pelanggan, tetapi juga bahwa mereka tidak ingin membuang-buang uang dengan terlalu sering menampilkan iklan yang sama kepada orang yang sama.
BACA JUGA:
“Sekarang, Anda dapat melengkapi jangkauan Anda dengan secara aktif menetapkan sasaran frekuensi mingguan, solusi yang hanya dapat diberikan oleh YouTube. Menggabungkan jangkauan pemirsa kami yang tak tertandingi dan kemampuan pembelajaran mesin terdepan, pengiklan kini dapat mengoptimalkan berapa kali pemirsa melihat iklan mereka dalam seminggu. Ini tidak hanya berarti pengeluaran yang lebih efisien, tetapi yang terpenting, pengalaman yang lebih baik bagi pemirsa,” tulis YouTube dalam posting blog yang ditujukan untuk pengiklan, seperti dikutip The Verge.
Tentu saja, ini akan terserah kepada merek untuk memaksakan batasan itu. Namun di sini YouTube berharap tahu kampanye iklan terbaik bukanlah kampanye yang memukul Anda berulang kali dengan pesan yang sama.