Karyawan Twitter Mulai Resah Terhadap Nasibnya Setelah Akuisisi Elon Musk
Karyawan Twitter mulai resah pada masa depannya setelah Elon Musk masuk. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – CEO Twitter Inc., Parag Agrawal, berusaha memadamkan kemarahan karyawan pada Jumat, 29 April, selama Town Hall Meeting di mana karyawan menuntut jawaban tentang bagaimana manajer berencana untuk menangani eksodus massal yang diantisipasi setelah masuknya Elon Musk.

Pertemuan itu terjadi setelah Musk, kepala eksekutif Tesla Inc., telah memastikan kesepakatan senilai 44 miliar dolar AA (Rp636,6 triliun) untuk membeli perusahaan media sosial. Musk berulang kali mengkritik praktik moderasi konten Twitter dan adanya seorang eksekutif puncak yang bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan pidato dan keselamatan di platform itu.

Pada pertemuan Town Hall Meeting internal sebelumnya, yang juga didengar oleh Reuters, para eksekutif mengatakan perusahaan akan memantau pengurangan staf setiap hari. Akan tetapi terlalu dini untuk mengatakan bagaimana kesepakatan pembelian dengan Musk akan mempengaruhi retensi staf.

Musk telah mengusulkan kepada bank pemberi pinjaman modalnya  untuk mengakuisisi Twitter beberapa hal. Di antaranya adalah pemotongan gaji anggota dewan dan gaji eksekutif. Namun pemotongan biaya yang tepat masih belum jelas. Satu sumber di Twitter, mengatakan Musk tidak akan membuat keputusan tentang pemutusan hubungan kerja sampai dia mengambil alih kepemilikan Twitter sepenuhnya.

"Saya bosan mendengar tentang nilai pemegang saham dan kewajiban fidusia. Apa pendapat jujur ​​Anda tentang kemungkinan yang sangat tinggi bahwa banyak karyawan tidak akan memiliki pekerjaan setelah kesepakatan ditutup?" kata salah satu karyawan Twitter yang bertanya kepada Agrawal, dalam pertemuan itu.

Sayang Agrawal hanya menjawab secara normatif, bahwa Twitter selalu peduli dengan karyawannya dan akan terus melakukannya.

"Saya percaya organisasi Twitter di masa depan akan terus peduli tentang dampaknya terhadap dunia dan pelanggannya," kata Agrawal.

Dewan Eksekutif mengatakan selama pertemuan bahwa tingkat pengurangan karyawan tidak berubah dibandingkan dengan tingkat sebelum berita tentang minat Musk untuk membeli perusahaan.

Dalam beberapa hari terakhir, Musk telah men-tweet kritik terhadap pengacara top Twitter, Vijaya Gadde, yang merupakan veteran Twitter dan dihormati secara luas di Silicon Valley. Serangan Musk memicu rentetan pelecehan online yang menargetkannya selama ini. Sementara Twitter tidak melakukan apa pun tentang hal itu.

Karyawan juga mengatakan kepada eksekutif bahwa mereka khawatir perilaku Musk yang tidak menentu dapat mengganggu stabilitas bisnis Twitter. Bahkan bisa merugikannya secara finansial ketika perusahaan bersiap untuk berbicara dengan dunia periklanan dalam presentasi minggu depan di New York City.

"Apakah kita memiliki strategi dalam waktu dekat tentang bagaimana menangani pengiklan yang menarik investasi?" tanya seorang karyawan.

Sarah Personette, chief customer officer Twitter, mengatakan perusahaan sedang berupaya untuk sering berkomunikasi dengan pengiklan dan meyakinkan mereka "cara kami melayani pelanggan kami tidak berubah."

Setelah pertemuan itu, seorang karyawan Twitter mengatakan kepada Reuters bahwa ada sedikit kepercayaan pada apa yang dikatakan para eksekutif.

"Pembicaraan PR tidak mendarat. Mereka mengatakan kepada kami untuk tidak membocorkan dan melakukan pekerjaan yang Anda banggakan, tetapi tidak ada insentif yang jelas bagi karyawan untuk melakukan ini," kata karyawan itu kepada Reuters. Ia juga mencatat bahwa kompensasi untuk staf non-eksekutif sekarang dibatasi oleh sebuah kesepakatan.

Agrawal diperkirakan menerima 42 juta dolar AS (Rp 610 miliar)  jika dia diberhentikan dalam waktu 12 bulan setelah perubahan kontrol di perusahaan media sosial, menurut firma riset Equilar.

Dalam pertemuan tersebut, Agrawal mendesak staf untuk mengharapkan perubahan di masa depan di bawah kepemimpinan baru. Ia juga mengakui bahwa perusahaan dapat berkinerja lebih baik selama bertahun-tahun.

"Ya, kami bisa melakukan hal-hal yang berbeda dan lebih baik. Saya bisa melakukan hal-hal yang berbeda. Saya banyak memikirkannya," katanya. Twitter sendiri menolak komentar lebih lanjut tentang masalah ini.