<i>"I'M BACK!"</i> Trump Kembali Main Medsos, Bukan di Twitter Tapi Truth Social
Mantan Presiden AS Donal Trump kembali bermain media sosial. (foto: tangkapan layar twitter )

Bagikan:

JAKARTA - Mantan presiden AS Donald Trump akhirnya untuk pertama kalinya memposting pesan singkat di Truth Social, Kamis malam. Ini adalah untuk yang pertama kalinya sejak aplikasi yang ia dirikan tersebut diluncurkan dua bulan lalu.

Dalam posting pertama itu Presiden AS ke-45 , mengatakan "I'M BACK!" Ini makin menegaskan jika Trump, ingin kembali ke media sosial. Namun ia tak kembali ke Twitter, platform media sosial yang sudah menyekalnya sejak Januari 2021.

Trump memecah keheningannya ketika Elon Musk membuat kesepakatan senilai 44 miliar dolar AS (Rp636,6 triliun) untuk membeli Twitter. Twitter tahun lalu secara permanen melarang Trump dengan alasan risiko kekerasan lebih lanjut setelah pengepungan 6 Januari 2021 oleh massa pro-Trump di Capitol AS.

Partai Republik menyambut baik pembelian platform media sosial Twitter oleh Musk dengan harapan bahwa Kepala Eksekutif Tesla Inc, yang telah berjanji untuk melonggarkan praktik moderasi konten untuk memulihkan kebebasan berbicara, akan mengundang Trump kembali ke situs tersebut.

Sejak kesepakatan itu diumumkan minggu ini, Trump sendiri mengatakan dia tidak akan kembali ke Twitter. Dia lebih memilih untuk membesarkan Truth Social miliknya sendiri. Ini adalah sebuah keputusan  bisnis yang bisa membuat aplikasi itu makin moncer. Apalagi, menurut laporan Reuters,  Truth Social bulan ini menjadi medsos yang paling banyak diunduh publik AS.  

Dalam pesan Kamis, yang disebut "kebenaran" di aplikasi itu, Trump menulis, "AKU KEMBALI! #COVFEFE", merujuk pada kesalahan ketik pada pesan Twitter yang dia kirim saat presiden mengeluh tentang pers dan meme secara luas.

Diamnya Trump pada aplikasinya sendiri sejak peluncuran toko aplikasi Truth Social di Apple Inc  pada 21 Februari telah menimbulkan pertanyaan tentang kelangsungan jangka panjangnya. Namun kini harapan publik pun kembali menyala jika Truth Social akan menjadi salah satu penantang Twitter di masa depan.

Menjelang peluncuran Truth, putranya Donald Trump Jr. men-tweet tangkapan layar akun Truth Social ayahnya dengan satu “kebenaran” yang ia posting pada 14 Februari, diverifikasi di akun @reaDonaldTrump, dengan pesan: “Bersiaplah! Presiden favoritmu akan segera menemuimu!”

Trump Media & Technology Group (TMTG), perusahaan induk Truth Social, berencana untuk go public melalui merger dengan perusahaan cek kosong Digital World Acquisition Corp, yang sahamnya naik 7,7% sebelum pasar Jumat, 29 April.

Kesepakatan itu berada di bawah pengawasan Komisi Sekuritas dan Bursa AS dan kemungkinan beberapa bulan lagi akan diselesaikan.