Pendiri Ethereum Vitalik Buterin: Saya Merasa Pengaruh Saya di Ethereum Terus Berkurang
Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. (Tech Crunch)

Bagikan:

JAKARTA – Founder mata uang kripto Ethereum, Vitalik Buterin, mengaku pengaruhnya kian berkurang. Bahkan, Buterin beberapa kali harus meyakinkan beberapa orang di komunitas Ethereum untuk mendorong mereka ke tujuan tertentu.

“Saya merasa pengaruh saya di Ethereum terus menurun setiap enam bulan,” kata pendiri Ethereum.

“Saat ini jumlah orang yang bahkan saya harus yakinkan untuk mendorong ke arah tertentu sangatlah signifikan. Jika Anda menonton beberapa EIP (proposal peningkatan Ethereum) yang saya promosikan secara pribadi, beberapa di antaranya bahkan tidak berhasil. Jadi untuk sebagian besar dari mereka, Anda harus berusaha cukup keras untuk memenuhi perhatian semua orang,” tambahnya.

“EIP-4488 adalah salah satu contohnya. Jika saya memiliki lebih banyak kendali, itu sudah ada di Ethereum,” ujarnya.

Dilansir dari CoinCu, karena banyaknya pemangku kepentingan yang berperan dalam proses pengambilan keputusan, Vitalik Buterin mengatakan dalam wawancara bahwa menerapkan perubahan besar pada protokol Ethereum semakin sulit. Saat ini, pilihan protokol “cenderung dilakukan” melalui panggilan dua mingguan yang dikenal sebagai “panggilan pengembang semua inti,” di mana setiap orang harus setuju untuk maju dengan proposal.

“Bahkan di awal, tim peneliti harus setuju. Dan kemudian pada tahap selanjutnya, pengembang inti, orang-orang yang benar-benar menulis kode, juga harus setuju,” ujar Buterin.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa proses Ethereum “jelas lebih vetokratis” daripada tiga tahun lalu, dan “pasti jauh lebih vetokratis” daripada enam tahun lalu, ketika “kita bisa mendapatkan perubahan yang diterima dan itu akan dimasukkan sangat dengan cepat."

“Bahkan sekarang, saya merasa jendela menutup hal-hal yang substansial. Semakin sulit untuk melakukan hal-hal besar bahkan hari ini,” kata Buterin.