Kreator PlayStation ingin Buat Robot yang Bisa Meringankan Pekerjaan Manusia
Ilustrasi robot (Image by Michal Jarmoluk from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pencipta konsol gim PlayStation, Ken Kutaragi dikabarkan sedang mengerjakan sebuah proyek robot yang bisa membantu pekerjaan manusia. Rencananya prototipe robot ini akan rampung dalam waktu satu tahun lagi.

Melansir laporan Bloomberg, Jumat 9 Oktober, CEO Ascent Robotics itu juga akan menyematkan teknologi kecerdasan buatan di dalam robot tersebut. Di mana ia ingin mengembangkan robot yang dapat bergerak bebas dan aman saat melakukan pekerjaan fisik bersama manusia seperti di pabrik atau pusat logistik. 

"Wabah COVID-19 telah mengubah argumen lama tentang robot mengambil alih pekerjaan kita. Sekarang sudah cukup jelas bahwa jika kita ingin mencapai kondisi normal baru, kita membutuhkan lebih banyak robot dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Kutaragi.

Dalam mengembangkan prototipe robot pekerja ini, Katuragi juga menggandeng sejumlah perusahaan teknologi seperti Kawasaki Heavy Industries dan pengembang robotika lainnya. Termasuk menggunakan algoritma dari mobil otonom Lexus Hybrid sebagai sensor gerak mandiri bagi robot ini. 

"Jika Anda ingin menggabungkan robotika dan mobilitas, Anda membutuhkan seseorang yang bertanggung jawab yang memahami teknologi. Kami berpikir secara global, tidak membatasi pandangan kami ke Jepang," ujar Kutaragi.

Sejatinya Katuragi bukanlah orang baru dalam bisnis teknologi, ia memulai karirnya di Sony sejak tahun 70-an. Katuragi juga terlibat mengerjakan sejumlah proyek elektronik dari Sony. 

Pada tahun 90-an, ia merevolusi permainan video gim dengan mengembangkan PlayStation 2 (PS2) yang kemudian menjadi konsol populer. Sejak meninggalkan Sony pada 2007, ia kemudian ditunjuk sebagai anggota dewan direksi di raksasa e-commerce Rakuten. Selain itu, Kutaragi juga menjabat sebagai direktur dewan eksekutif Ascent sejak 2018 dan mengambil alih posisi CEO pada 26 Agustus.