7 Pekerjaan yang Berpotensi Digantikan Robot, Segera Antisipasi!
Ilustrasi pekerjaan robot (foto: Unsplash/Lenny Kuhne)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Hadirnya inovasi dan perkembangan teknologi bagaikan dua sisi mata koin. Di satu sisi membawa banyak manfaat seperti dapat memudahkan pekerjaan. Namun di balik itu, teknologi akan menggantikan beberapa pekerjaan manusia. Ada beberapa pekerjaan yang berpotensi digantikan robot. 

Sejak beberapa tahun lalu, teknologi robot telah banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Teknologi ini diterapkan dalam berbagai sektor kehidupan, mulai dari keuangan, komunikasi, pertanian, penelitian, F&B, dan lainnya. Teknologi ini telah menggantikan banyak pekerjaan manusia, khususnya yang proses kerjanya berulang, monoton, dan berisiko tinggi. 

Pekerjaan yang Berpotensi Digantikan Robot

Pada akhirnya banyak perusahaan yang harus menggunakan teknologi robot untuk memenuhi tuntutan industri di era sekarang. Dengan bantuan teknologi robot, perusahaan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat hingga lebih sedikit kesalahan dibanding manusia. Selain itu, robot juga mampu bekerja selama 24 jam dan tanpa perlu banyak bayaran atau tunjangan. 

Berikut sejumlah pekerjaan yang berpotensi digantikan oleh robot:

Kasir

Salah satu profesi yang berpotensi digantikan robot adalah kasir. Berbagai lini bisnis kini telah menerapkan teknologi kasir digital yang memungkinkan proses transaksi bisa berjalan lebih cepat dan praktis. 

Sudah banyak toko dan penjualan jasa yang memakai aplikasi pembayaran digital memfasilitasi transaksi costumer. Seperti pembayaran menggunakan QR pay, di mana costumer bisa melakukan transaksi secara mandiri hanya dengan scan kode QR. Selain itu, hadirnya online shop juga sudah tidak membutuhkan kasir untuk mengurusi segala transaksi jual beli. 

Teller dan Pegawai Bank

Pekerjaan lainnya yang berpotensi digantikan robot adalah teller dan pegawai bank. Adanya mesin ATM telah menggantikan pekerja manusia untuk menyetor dan menarik uang dari bank. Selain itu, kini juga sudah ada platform keuangan digital mobile banking yang menyediakan berbagai layanan transaksi secara online. Jadi nasabah atau pengguna bisa melakukan transaksi secara mandiri tanpa perlu pegi ke bank. 

Pekerja Pabrik

Pabrik-pabrik kini telah banyak menerapkan teknologi robot untuk membantu memproduksi barang. Pabrik telah menggunakan robot untuk membantu melakukan pekerjaan, seperti pengemasan, perakitan, dan lainnya. Dengan bantuan robot, perusahaan dapat memproduksi jutaan barang secara efisien dan dengan biaya rendah.

Driver (Sopir Bus, Sopir Taksi, dan Sopir Truk)

Mobil self-driving atau pengemudi otomatis sudah dikembangkan dan bahkan dioperasikan.  Berbagai perusahaan otomotif sudah menerapkan teknologi kemudi otomatis, seperti pada mobil Tesla. Apabila teknologi ini semakin disempurnakan dan banyak digunakan, maka beberapa profesi akan tergantikan, seperti supir bus, supir taksi, supir truk, dan pekerjaan transportasi lainnya.

Admin (Operator Telepon, Telemarketer, dan Resepsionis)

Admin atau costumer service juga menjadi salah satu pekerjaan yang berpotensi digantikan oleh robot. Sebelum teknologi semakin berkembang, perusahaan menggunakan admin dan CS untuk berkomunikasi dan melayani permintaan pengguna atau konsumen. 

Namun kini sudah ada teknologi yang bisa menerima panggilan otomatis dan mengirim pesan seperti manusia pada umumnya, baik dari segi teks maupun suara. Sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini karena lebih praktis dan hemat biaya dibandingkan mempekerjakan operator seluler atau telemarketer.

Kurir 

Menjamurnya bisnis online dan semakin berkembangnya teknologi digital membuat kebutuhan transaksi semakin meningkat. Banyak orang melakukan pembelian barang dan pengiriman barang. Biasanya barang akan dikirimkan oleh kurir yang bekerja di jasa ekspedisi. Namun kini teknologi robot sudah diterapkan untuk membantu pekerjaan ekspedisi, seperti melakukan pengepakan dan pengiriman barang.  

Pengumpul Informasi, Analis, dan Wartawan

Teknologi robot juga telah membantu pekerjaan manusia yang lebih spesifik atau dikerjakan secara mendalam. Contohnya, teknologi robot telah digunakan untuk membantu pengumpulan informasi, analisis, hingga wartawan. Robot ini mampu menyisir jutaan dokumen dan menemukan fakta yang relevan, nomor telepon, alamat email, dan informasi lain berdasarkan kata kunci.

Contoh lainnya adalah analisis keuangan, yang mana program komputer dapat dirancang untuk menganalisis dan menemukan pola dan tren dalam data keuangan. Sementara itu, produksi berita juga terbantu oleh robot perangkat lunak penulisan dan pengumpul informasi dengan bantuan komputer.

Itulah sejumlah pekerjaan yang berpotensi digantikan robot. Dengan terpaksa manusia harus menyesuaikan diri untuk bisa mengikuti kebutuhan perkembangan zaman. Anda bisa terus mengupdate skill menyesuaikan kebutuhan industri terkini sehingga posisi Anda tidak akan digantikan oleh robot. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.