Jokowi Imbau Masyarakat Tingkatkan Skill Berbasis Teknologi, Ada Pekerjaan yang Bakal Punah di Masa Depan
Jokowi minta masyarakat tingkatkan kemampuan di bidang teknologi (Techwireasia)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah perkembangan teknologi yang pesat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat supaya meningkatkan skill berbasis teknologi. Pasalnya, jika tidak punya kemampuan dalam bidang teknologi, sejumlah pekerjaan berpotensi hilang dalam beberapa waktu mendatang karena tergantikan oleh peran robot.

Pernyataan ini diungkapkan Jokowi ketika memberi pengarahan kepada peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII dan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Tahun 2021 Lemhannas RI pada Rabu 13 Oktober 2021.

Orang nomor 1 di Indonesia itu memaparkan Revolusi Industri 4.0, disrupsi teknologi, dan pandemi Covid-19 yang berperan penting dalam mempercepat perubahan dunia yang mengarah pada penerapan teknologi dalam berbagai bidang di tengah ketidakpastian dunia.

“Sekali lagi ketidakpastian dunia sangat tinggi sekali. Oleh sebab itu kita membutuhkan betul ilmu pengetahuan dan teknologi dan kita harus semakin arif mengakuisisi teknologi-teknologi baru terutama teknologi digital,” papar Jokowi.

Presiden RI itu juga menyatakan banyak pekerjaan akan hilang di masa depan. Di waktu yang sama, akan muncul juga pekerjaan baru sebagaimana yang banyak terjadi akhir-akhir ini.

Jokowi mencontohkan saat ini pemilik mal sudah bisa mengelola sendiri uangnya dengan e-payment, assessor kredit sudah sangat banyak dan akan lebih banyak lagi ke depannya serta berubah menjadi fintech. Di antara berbagai pekerjaan, Jokowi menyebut bahwa penerjemah akan hilang digantikan oleh aplikasi translasi.

“Penerjemah sudah banyak sekali, ke depan akan hilang karena aplikasi translation. Insinyur-insinyur hati-hati bisa digantikan advance robotics,” kata Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi berharap generasi penerus bangsa bisa dipersiapkan untuk menghadapi gelombang perubahan di masa depan. Apabail generasi penerus tidak siap dengan perubahan tersebut, kemungkinan besar robot akan mendominasi pekerjaan yang tadinya dikerjakan manusia.

Sebagai informasi, Advance Robotics merupakan penggunaan robot humanoid (robot yang berperilaku sebagaimana manusia) yang mampu menjalankan pekerjaan manusia yang kompleks, seperti membantu tenaga kesehatan dalam operasi bedah atau surgery. Jika tidak beradaptasi atau meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi, kemungkinan kita akan tertinggal dari negara-negara lain yang sudah terlebih dulu mengembangkan teknologi.