Bagikan:

JAKARTA - Kemenkominfo RI, DPR RI, dan TV Digital mengadakan Seminar Live Streaming dengan tema "Ekonomi Digital Jadi Solusi Tingkatkan Kembali Perekonomian di Masa Pandemi COVI-19". Acara seminar ini diisi oleh beberapa narasumber dan pemateri.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Hasyim Gautama selaku Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik tentang penginnfoan tentang program pemerintah tentang peningkatan skill. Setelah itu dilanjutkan oleh Slamet Aryadi selaku Anggota komisi I DPR RI yang menyampaikan harapan untuk setiap masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Lalu dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Salman Al Farisi selaku pelaku UMKM yang berbagi pemelajaran dan pengalamannya. Materi yang disampaikan adalah tentang kegiatan UMKM di masa COVID hampir seluruh keiatan ekonomi di dunia berbasis internet digital.

"Ada beberapa masalah UMKM di era digital seperti modal, pemasaran, produk, inovasi, penggunaan teknologi, skill manajemen, leadership dan pembukuan," kata Al Farisi, dikutip Senin 6 Desember.

UMKM dalam era digital harus memiliki beberapa kompetensi yaitu complex problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligent, saving orientation dan cognitive flexibility.

"Dari beberapa poin tersebut memiliki tujuan yaitu investasi, belajar teknologi, upgrade skill, dll. Maka dari itu agar kita bekembang kita harus merencanakan lalu kerjakan," imbuh Al Farisi.