Pemerintah Kampanyekan Gernas BBI, Sandiaga Uno Optimis Target 30 Juta UMKM Go Digital Bisa Tercapai di Akhir 2023
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Instagram @sandiuno)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang terus dikampanyekan pemerintah merupakan langkah untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) go digital atau masuk ke platform digital.

Menurut Sandiaga, program Gernas BBI ditujukan untuk menyikapi dan mengantisipasi menurunnya daya beli masyarakat di masa pandemi COVID-19 ini. Karena itu, kata dia, pemerintah perlu solusi mitigasi dan pemulihan jangka pendek untuk menciptakan stimulus di sisi permintaan dan mendorong platform digital online.

Lebih lanjut, Sandiaga pun mengajak semua pemangku kepentingan untuk tingkatkan kerja sama dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi. Menurut dia, berbagai upaya pemerintah maupun pentahelix telah dilakukan untuk menjaga agar UMKM dapat bertahan.

Sandiaga mengatakan peluncuran program Gernas BBI disebut telah membantu UMKM masuk ke platform digital. Pada tahun 2020, dikatakan sudah 3,7 juta UMKM masuk platform digital sehingga total UMKM yang sudah ke ranah digital sebanyak hampir 12 juta.

"Total target 30 juta UMKM di akhir tahun 2023 Insyaallah bisa kita hadirkan," katanya dalam pembukaan Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 secara virtual, Jakarta, Kamis, 23 September.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan kondisi perekonomian saat ini sudah menunjukkan titik terang dan jauh berbeda dibandingkan dengan kondisi perekonomian di tahun lalu. Ia menilai tentunya ini adalah kontribusi kepada perkembangan ekonomi digital dan revolusi industri 4.0.

"Mari kita sinergikan dengan Gernas BBI dan ini adalah langkah sinergi dan kolaborasi untuk terus kita jaga ke depannya. Mari satukan langkah dan tetap optimis dorong percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia, buka lapangan kerja seluas-luasnya, dan kita tingkatkan kelas kita menuju kelas dunia," ucapnya.

Sekadar informasi, kegiatan Puncak KKI 2021 merupakan panggung bersama Bank Indonesia dengan kementerian/lembaga dalam mendorong optimisme serta kebangkitan UMKM di era pandemi. Adapun rangkaian acara ini berjalan mulai dari 23 hingga 26 September 2021 mendatang.