Transformasi Digital Jadi Solusi Tingkatkan Kembali Perekonomian di Masa Pandemi COVID-19
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kemenkominfo RI dan DPR RI mengadakan Seminar Merajut Nusantara Live Streaming dengan tema ":Transformasi Digital Jadi Solusi Tingkatkan Kembali Perekonomian di Masa Pandemi COVID-19” yang diisi oleh narasumber seperti Slamet Ariyadi selaku anggota Komisi I DPR RI dan Salman Al Farisi selaku Founder Yayasan Tafizh Al Quran Salman Al Farisi.

Seminar ini diikuti oleh beberapa orang di berbagai daerah sebagai pelaku UMKM. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Hasyim Gautama selaku Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, dan Slamet Ariyadi dengan menyapa seluruh partisipan seminar streaming dan mengimbau para peserta untuk mengikuti protokol kesehatan secara maksimal.

Lalu dilanjutkan dengan acara inti, pemateri Salman Al Farisi memberikan pemaparan tentang keadaan UMKM di masa COVID-19 seperti sekarang. COVID-19 menyebabkan manusia takut keluar rumah hingga berdampak pada kondisi finansial banyak orang.

"Sehingga kegiatan kita pun dibatasi bahkan dilarang. Akibat dari COVID-19 ini berdampak kepada sektor pasar menjadi lesu, distribusi terhambat, bahan baku susah, omzet menurun, modal terganggu, dan pembayaran kredit pun terganggu," kata Salman.

Adapun, kata Salman, cara yang dapat dilakukan UMKM untuk bertahan, seperti membangun karakter yang kuat, banyak action sedikit berbicara, dan membangun kekuatan dengan orang lain.

"Kemudian membangun jaringan dengan orang lingkungan lain dan beradaptasi dengan teknologi sekarang. Atur keperluan kita jangan terlalu boros, membangun empati dan simpati, mengatur cara kerja secara management, dan diversifikasi produk dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pasar.