Erick Thohir Targetkan Dividen BUMN Mencapai Rp85 Triliun di 2024
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan dividen perusahaan pelat merah akan naik menjadi Rp85 triliun di tahun 2024. Erick optimistis target bisa tercapai di sisa masa jabatannya yang akan berakhir di Oktober mendatang.

Seperti diketahui, BUMN sebelumnya telah  mencetak rekor dividen terbesar sepanjang sejarah pada tahun 2023 yang sebesar Rp81 triliun.

“Dividen tertinggi sepanjang sejarah Rp 81 triliun dan akan terus kita tingkatkan tahun depan kalau bisa Rp 85 triliun,” ujarnya, ditemui di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Selasa, 13 Februari.

Lebih lanjut, Erick bilang capaian dividen ini  merupakan bukti perusahaan negara bisa berkontribusi pada pendapatan negara. Kata Erick, dividen tersebut didukung dengan berbagai transformasi yang dilakukan.

“Kita sudah melakukan transformasi yang luar biasa. Bisa lihat dari data-data, dulu aset kita Rp6.000 triliun. Dalam 3,5 tahun aset kita sudah Rp10.000 triliun. Ini luar biasa,” tuturnya.

Bahkan pada saat pandemi COVID-19 yang membuat seluruh dunia mengalami krisis kesehatan yang berdampak pada perekonomian negara, Erick mengatakan BUMN justru berhasil meraup keuntungan.

“Kalau kita lihat dulu COVID-19 profit Rp13 triliun, sekarang Rp250 triliun,” katanya.