Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR A. Rizki Sadig menyatakan, dalam kurun waktu satu setengah tahun ini Indonesia tengah mengalami masa sulit karena efek dari pandemi COVID-19. Meski demikian, menurutnya pandemi membawa hikmah positif, khususnya dalam bidang teknologi.

"Di balik kesulitan ini ataudi masa pandemi COVID-19 ada hikmahnya, yaitu kita dapat meningkatkan keterampilan atau kemampuan diri sendiri di bidang digital ," ujarnya dalam webinar BAKTI Kominfo yang bertemakan "Pemanfaatan TIK untuk Sosial dan Bisnis", dikutip Selasa 24 Agustus.

Dalam situasi pandemi ini, kata dia, semua pihak "dipaksa" untuk beradaptasi dengan keadaan yang ada, di mana interaksi sosial baik di dunia bisnis, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya sudah didominasi oleh pemanfaatan teknologi.

"Maka sudah sewajarnya dan sudah menjadi kewajiban agar tidak ketinggalan zaman, sehingga bisa menyesuaikan diri dan juga kemudian berinteraksi dengan dunia digital seperti ini," tuturnya.

Lenih lanjut Rizki Sadig menyampaikan, untuk itu pemerintah bersama DPR telah mengupayakan secara maksimal untuk memperluas jaringan internet hingga ke pelosok daerah agar tidak ada daerah yang tertinggal pada kemajuan tekhnologi informasi dan komunikasi.

"Pemerintah dan masyarakat harus sama-sama bergotong royong untuk mengoptimalkan kemajuan teknologi agar menjadi negara yang cepat berkembang pada perubahan dan kemajuan di era digital," jelasnya.