Di Era Tsunami Informasi, Masyarakat Harus Pintar-Pintar Memilah Mana yang Sesuai dengan Kebutuhan
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Akademisi dari Universitas Esa Unggul Jakarta Gun Gun Siswadi menyampaikan, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 196,71 juta jiwa. Ini artinya mayoritas penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan internet.

"Oleh karena itu saat ini Indonesia sudah memasuki era digital, ini harus dimanfaatkan betul-betul. Masyarakat semakin mudah mengakses informasi, di mana informasi sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun bisa juga teerjadi tsunami informasi, masyarakat perlu memilih dan memilah informasi sesuai kebutuhannya," ujar Gun Gun dalam diskusi secara virtual yang diselenggarakan BAKTI Kominfo bertemakan "Bijak Bermedsos di Era Digital", dikutip Kamis 8 Juli.

Tsunami informasi ini, kata Gun Gun, harus disikapi dengan bijak. Artinya, masyarakat perlu memilih dan memilah informasi yang sesuai dengan kebutuhan.

"Sebagai indikator bagaimana terjadinya Indonesia memasuki era digital ini adalah seperti digitalisasi yang ada di sekitar kita contohnya belanja dulu datang ke toko, datang ke mall dan sebagainya, sekarang orang belanja cukup menggunakan aplikasi, belajar juga demikian tidak harus berkumpul, maka belajarnya juga dilakukan secara jarak jauh dengan menggunakan teknologi tentunya dan sekarang ini ada beberapa aplikasi-aplikasi pembelajaran," jelasnya.

"Transportasi yang dulu offline sekarang bisa melalui online, pesan antar makanan juga bisa menggunakan gofood, kesehatan juga bisa berkonsultasi melalui aplikasi dan bantu sesama bisa melalui aplikasi untuk penggalangan dana, ini yang terjadi namanya digitalisasi sesuai dengan kehidupan kita sehari-hari," imbuhnya.

Untuk itu, di era digital seperti sekarang ini, lanjut Gun Gun, penting bagaimana melakukan literasi. Pemerintah bersama dengan komponen masyarakat yang lainnya juga terus menerus melakukan literasi supaya masyarakat mampu memilih informasi.

"Sehingga informasi menjadi sarana untuk mendapatkan kesejahteraan. Sebagai sumber daya kalau dikelola dengan baik, kalau dipergunakan dengan baik maka informasi akan mendatangkan kesejahteraan bagi pengelolanya," tuturnya.

Pasalnya, menurut Gun Gun, manfaat internet sebagai sumber informasi banyak sekali. Hampir seluruh kegiatan masyarakat di era saat ini bersentuhan dengan internet.

"Internet mempermudah atau mempercepat pekerjaan, menambah pergaulan melalui jejaring sosial, bisa digunakan untuk bisnis online, membentuk kelompok diskusi, sebagai sumber belajar tambahan, sarana pencari beasiswa dan loker, sarana pemasaran atu promosi, mendorong semakin mandiri, sebagai media hiburan dan sarana penyimpan informasi," jelasnya.