Palapa Ring Koneksikan 514 Kabupaten/ Kota di Tanah Air, Akses Internet Semakin Penting di Masa Pandemi
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Gun Gun Siswadi, akademisi dari Universitas Esa Unggul Jakarta menyampaikan, sekarang ini Indonesia sudah memasuki era digital. Pasalnya, dari segi infrastruktur saja, pemerintah sudah membangun yang namanya Palapa Ring. 

Hal itu menurutnya, adalah tulang punggung ekonomi digital, di mana menghubungkan 514 Kabupaten atau Kota di Indonesia dengan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi kepada masyarakat.

"Artinya dari segi infrastruktur ini memang harus dilakukan oleh pemerintah dan ini sudah dilakukan dan diresmikan oleh Pak Joko Widodo (Jokowi), mudah-mudahan ini bisa terkoneksi semua Provinsi semua Kabupaten di Indonesia dengan baik," ujar Gun Gun dalam diskusi bertemakan "Pemanfaatan TIK di Era Adaptasi Kebiasaan Baru" yang digagas BAKTI Kominfo, dikutip Jumat 9 Juli.

Ia menuturkan, dengan adanya infrastruktur yang bisa terkoneksi antar wilayah, ternyata jumlah pengguna internet berdasarkan data dari APJII sekarang mencapai sekitar kurang lebih adalah 196,71 orang. Artinya,73,7 persen masyarakat Indonesia ini sudah terkoneksi dengan internet.

"Sangat luar biasa data ini," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, dengan besarnya pengguna internet di Indonesia maka terjadi gelombang "tsunami" informasi. Hari ini informasi sudah menjadi kebutuhan pokok manusia, khususnya bagi masyarakat di Tanah Air.

"Menjadi salah satu kebutuhan pokoknya, bukan hanya tiga kebutuhan pokok masyarakat Indonesia ini yaitu sandang, pangan, papan, tetapi juga sudah bertambah salah satunya adalah informasi," ungkapnya.

"Kita memasuki era informasi di mana seluruh aktivitas kita tergantung pada informasi. Sekarang juga sedang menghadapi era pandemi COVID-19, oleh karenanya kita harus menyikapi ini dengan sebaik-baiknya supaya kita bisa keluar dari pandemi," imbuhnya.

Di masa pandemi ini, lanjut dia, penggunaan internet semakin meningkat. Kebutuhan masyarakat bertransaksi secara online pun semakin meningkat, karena hampir seluruh kegiatan dilakukan dari rumah.

"Saya perkirakan saar ini mungkin akan lebih dari 200 juta orang Indonesia sudah terkoneksi dengan internet," ungkapnya.