Perkenalkan Moley, Robot Dapur yang Bisa Bantu Ibu-Ibu Memasak
Moley Robotics Kitchen (businessinsider)

Bagikan:

JAKARTA - Moley Robotics, perusahaan pembuat robot kuliner yang didirikan pada 2014 yang berbasis di London ini menciptakan sebuah robot yang mampu memasak berbagai resep.

Moley Robotic Kitchen dapat menghidangkan makanan dan membersihkan piring seusai makan. Robot ini bisa membantu meringankan pekerjaan di dapur, seperti mempersiapkan bumbu masakan dan meletakkan makanan dalam oven.

Tidak hanya itu saja, robot dapur ini juga bisa memasak ribuan resep masakan. Kemampuan ini merupakan sebuah peningkatan dari versi prototype-nya pada 2017 yang hanya bisa menghidangkan satu jenis makanan.

Bahkan, robot ini bisa melakukan hal-hal kecil yang tampak sepele seperti memecahkan cangkang telor dengan rapi sebelum membuat telur ceplok. Namun, terlepas dari kemampuannya yang menakjubkan, Moley belum bisa mengupas kulit kentang atau memotong wortel seperti yang dilansir dari TheGadgetFlow, Kamis, 14 Januari.

Moley Robotics Kitchen ini hadir dengan dua lengan robotik yang bisa bergerak dengan lancar. Kedua lengan itu juga bisa menirukan gerakan Chef profesional saat memasak. Untuk tambahan lainnya, Moley dilengkapi dengan sensor dan kamera agar bisa menyiapkan makanan tanpa sedikitpun meninggalkan goresan pada permukaan barang dapur.

Moley dirancang untuk memiliki kemampuan selayaknya gerakan tangan manusia. Gerakan tangan robot ini terinspirasi dari koki profesional, Tim Anderson. Proses perkembangannya merekam teknik memasak Anderson dalam 3D yang kemudian diterjemahkan ke gerakan digital.

“Anda membutuhkan robot yang andal dan bisa memasak berbagai resep,” ujar Dr. Mark Oleynik selaku CEO Moley Robotics.

Melansir DigitalTrends, robot koki ini dijual seharga 335 ribu dolar Amerika (setara Rp4,7 miliar). Sebuah robot chef yang dibanderol seharga rumah mewah itu mungkin terdengar berlebihan.

Namun, Oleynik, seorang matematikawan dan ilmuwan komputer berdarah Rusia ini sudah memperhitungkannya. Ia percaya bahwa suatu hari robot ini bakal diproduksi dalam jumlah yang banyak dengan harga yang lebih murah dari saat ini.

“Moley Robotics bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan kesehatan dengan mengkombinasikan inovasi teknologi dan nutrisi untuk setiap rumah dan institusi komersial,” tulis perusahaan di laman resmi Moley Robotics.