CES 2021 Samsung Pamerkan Bot Handy yang Bisa Bantu Pekerjaan Rumah
Samsung Bot Handy menuangkan minuman (TheVerge)

Bagikan:

JAKARTA -  Samsung tengah mengembangkan robot pintar yang disebut Bot Handy. Ini merupakan robot lengan terbaru yang didesain untuk meringankan pekerjaan rumah. Nantinya, robot ini akan mengisi rumah-rumah di masa depan.

Dalam beberapa tahun terakhir, raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut membuat deretan robot untuk beragam keperluan.  

Samsung Bot Handy sedang dalam proses pengembangan, namun perangkat ini telah ditampilkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021 yang diselenggarakan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Perangkat ini menggunakn teknologi kecerdasan buatan (AI) yang canggih agar bisa mengenali objek berdasarkan bentuk, ukuran, dan berat. Robot lengan buatan Samsung hadir dengan desain lengan yang memiliki kemampuan untuk mengambil sebuah benda.

Robot ini “merupakan perpanjangan lengan yang membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada di area rumah,” seperti yang dikutip dari Slashgear pada Senin, 11 Januari. 

Samsung Bot Handy dapat diandalkan untuk membereskan hidangan seusai makan. Pengguna akan mencuci piring dan meletakkannya di rak untuk dikeringkan. Robot lengan ini juga bisa mengambil setiap piring dan meletakkannya ke lemari tanpa membuat piring tersebut retak atau tergores.

Pihak Samsung mengungkapkan bahwa Bot Handy tersebut “akan bisa memberitahu perbedaan komposisi material dari berbagai objek, menggunakan jumlah kekuatan yang sesuai untuk meletakkan atau memindahkan suatu barang atau objek di sekitar rumah.”

Namun, sampai saat ini belum diketahui kapan robot besutan Samsung ini akan dirilis ke publik. Perusahaan juga belum menginformasikan secara resmi terkait harga Bot Handy besutannya ini. Berikut merupakan demonstrasi singkat Bot Handy yang dihadirkan Samsung untuk publik di ajang CES 2021.

Samsung juga menampilkan versi teranyar “Samsung Bot Care”. Robot ini memanfaatkan teknologi AI untuk mengenali dan merespon perilaku pemiliknya. Tidak hanya itu, robot ini juga memiliki kemampuan untuk mempelajari jadwal harian, kebiasaan, dan dapat mengingatkan pemiliknya jika melupakan sesuatu.