Universitas Quincy Terima Donasi Bitcoin, Dogecoin, dan Shiba Inu
Universitas Quincy terima donasi dalam bentuk uang kripto. (foto: Kanchanara-Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Universitas Quincy yang berbasis di Illinois, AS, dikabarkan mulai menerima donasi dalam bentuk mata uang kripto. Universitas swasta tersebut menerima sebanyak 32 kripto, termasuk Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Tron, Dogecoin, dan Shiba Inu.

U.Today melaporkan bahwa direktur senior di Universitas Quincy, Matt Bergman menyoroti pertumbuhan industri kripto yang menjamur. Dia menyatakan bahwa pertumbuhan kripto tidak akan melambat “dalam waktu dekat”.

“QU selalu mencari cara untuk memudahkan donatur untuk mendukung siswa dan inisiatif kami,” katanya.

Universitas Quincy bukan lembaga pendidikan pertama yang menerima donasi dalam bentuk kripto tersebut. Sebelumnya sudah ada universitas lain di AS, yakni University of Puget Sound dan Wharton School di Universitas Pennsylvania.

Kembali pada tahun 2014, University of Puget Sound menjadi universitas Amerika pertama yang menerima sumbangan cryptocurrency. Alumninya memberi 14,5 Bitcoin untuk lembaga pendidikan tersebut, yang bernilai sekitar 10.000 dolar AS (setara Rp143 jutaan) pada saat itu, dengan bantuan perusahaan pemrosesan pembayaran BitPay.

Jumlah universitas yang telah menganut cryptocurrency telah meroket sejak saat itu. Wharton School di University of Pennsylvania memungkinkan peserta program blockchain untuk membayar biaya kuliah mereka dalam Bitcoin.