Layanan Darurat Skype Diperluas, Pengguna di AS Bisa Hubungi 911 Lewat Aplikasi
Lewat Skype, pengguna di AS kini bisa hubungi 911. (foto; dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA  - Skype mengumumkan bahwa mulai minggu ini pengguna aplikasi ini di AS dapat menggunakannya untuk menghubungi 911 dari komputer rumah mereka. Bahkan perangkat lunaknya dapat membagikan lokasi mereka dengan layanan darurat jika diperlukan.

Amerika Serikat menjadi tambahan terbaru ke daftar wilayah dengan panggilan layanan darurat Skype. Sebelumnya layanan darurat sprit ini hanya tersedia di Australia, Denmark, Finlandia, dan Inggris.

Langkah Skype untuk mengaktifkan panggilan 911 datang dengan beberapa batasan. Akan tetapi bisa menjadi sangat penting bagi pengguna yang masih memiliki koneksi Internet yang memadai ketika mereka kehilangan akses ke ponsel atau telepon rumah dalam keadaan darurat.

Dalam peringatan "Pemberitahuan & Pengungkapan" yang muncul sebelum ikut serta dalam fitur berbagi lokasi, Skype memperingatkan bahwa layanan tidak beroperasi sama seperti panggilan telepon biasa.

Pengguna didorong untuk tidak melakukan panggilan darurat melalui Skype saat berada di luar wilayah asalnya karena panggilan tersebut berpotensi dialihkan ke tempat lain. Ini juga menjelaskan bahwa pemadaman Skype, masalah internet, atau pemadaman listrik di area tersebut dapat memutus panggilan dalam situasi di mana telepon tradisional masih berfungsi.

menurut laporan The Verge, selain melakukan panggilan 911 dengan Skype 8.80, pengguna kini dapat meninggalkan pesan suara lima menit, alih-alih hanya berhenti pada dua menit saja.

Pengguna juga akan melihat pilihan mode terang atau gelap saat mereka sedang menelepon, dapat mengirim reaksi khusus, dan memiliki kemampuan untuk memperbesar atau memperkecil ketika mereka membagikan layar mereka.