Intel Terpaksa Tunda Peluncuran Chip Grafis Lantaran Kekurangan Chip Global Masih Terjadi
Kekurangan chip global masih membayangi produksi Intel. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Intel Corp mengatakan bahwa pihaknya telah menunda peluncuran chip grafis mandiri untuk desktop ke kuartal kedua.  Sementara untuk laptop akan diluncurkan pada kuartal pertama seperti yang direncanakan semula.

Pengumuman tersebut muncul, pada Kamis dengan latar belakang kekurangan chip global yang sedang berlangsung dan masalah rantai pasokan global, saat pembuat chip berjuang untuk memenuhi permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Chip grafis Arc perusahaan, yang membantu video game dan konten lainnya terlihat lebih realistis, akan bersaing dengan chip dari saingannya seperti Nvidia Corp dan Advanced Micro Devices Inc (AMD).

Intel mengatakan pada Agustus tahun lalu bahwa chip grafis untuk PC akan tiba pada kuartal pertama tahun 2022. Namun semua prediksi itu harus direvisi akibat kekurangan chip global yang masih terus terjadi.

Produsen peralatan asli (OEM) memperkenalkan notebook dengan grafis Intel Arc untuk dijual pada kuartal pertama tahun 2022, kata perusahaan itu, menjelang pertemuan investor tahunan pada hari Kamis lalu.

"Intel akan mengirimkan kartu tambahan untuk desktop pada kuartal kedua dan workstation pada kuartal ketiga," ungkap sumber di Intel seperti dikutip Reuters.

Namun sesungguhnya tak ada jaminan bahwa kartu grafis yang dimaksud bisa benar-benar muncul tepat  waktu jika kekurangan chip global tidak mereda sama sekali.