Intel Luncurkan Chip Grafis Baru Guna Merampas Pasar Nvidia
Intel tak mau kalah dalam persaingan chip. (foto: unspalsh)

Bagikan:

JAKARTA -  Persaingan antara raksasa komputer di dunia semakin sengit. Intel Corp pada Selasa 4 Januari menyatakan bahwa mereka telah mulai mengirimkan chip grafis baru yang ditujukan untuk para gamer PC.

Segmen ini telah berkembang sangat pesat dan telah lama meninggalkan Intel. Bahkan kini didominasi oleh saingan yang lebih besar seperti Nvidia Corp. Ini membuat Intel harus melakukan sesuatu jika tak ingin makin ketinggalan.

Chip grafis Arc Intel diklaim akan membantu video game dan konten lainnya terlihat lebih realistis. Chip tersebut adalah upaya pertama Intel dalam beberapa tahun terakhir di pasar. Chip ini diklaim akan mampu mengambil alih peran Nvidia sebagai pemimpin di pasar. Mereka selama ini memiliki penjualan chip grafis sebesar 9,8 miliar dolar AS pada tahun fiskal terbarunya, meningkat 29%.

Pada Consumer Electronics Show (CES) pada Selasa, 4 Januari, Intel mengatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan pembuat PC untuk menawarkan chip dalam 50 model yang berbeda. Di antara pembuat PC yang menawarkan chip tersebut adalah Dell Technologies, Lenovo Group Ltd  dan Samsung Electronics Co Ltd.

Sebelumnya pada hari Selasa, Nvidia mengatakan bahwa chip grafis terbaru untuk para gamer telah diadopsi dalam 160 model dari pembuat PC. Namun Intel tak hanya bersaing dengan Nvidia. Mereka juga mendapatkan tantangan seru di pasar dari produsen lainnya, AMD.

Persaingan chip ini akan memaksa mereka untuk membuat terobosan baru untuk berbagai chip  gravis dan chip lainnya, agar bisa memenangkan pasar.