Snapchat Bakal Dipenuhi Iklan, Konten Kreator Berpotensi Hasilkan Cuan Lebih
Snap Stars, pengguna dengan akun terverifikasi yang memiliki banyak pengikut. (foto dok. snapchat)

Bagikan:

JAKARTA - Snapchat memperkenalkan cara baru bagi beberapa penggunanya yang paling populer untuk mendapatkan uang. Mulai hari ini, pengguna akan mulai melihat iklan mid-roll di Stories publik dari Snap Stars.

Snap Stars adalah pengguna dengan akun terverifikasi yang memiliki banyak pengikut. Berapa banyak yang akan diperoleh seseorang dari Stories mereka akan bergantung pada formula yang mempertimbangkan faktor-faktor, seperti seberapa sering seseorang memposting dan keterlibatan konten mereka.

Seorang juru bicara Snapchat mengatakan bahwa fitur ini sudah dalam versi beta yang sangat awal untuk sekelompok kecil pembuat konten di Amerika Serikat (AS), tetapi platform berencana untuk meluncurkannya lebih luas ke Snap Stars dalam beberapa bulan mendatang.

Stories menurunkan penghalang untuk pembuatan dan keterlibatan konten, dan kami percaya menempatkan iklan dalam Stories publik Snap Star akan memungkinkan jalan yang lebih mudah menuju kesuksesan finansial,” kata Snap.

Iklan ini akan muncul sebagai iklan mid-roll di dalam Stories mereka, dan pembuatnya akan mendapatkan bagian dari pendapatan iklan. Secara tidak sengaja, pengenalan iklan mid-roll ke beberapa Stories mengikuti periode di mana Snap melihat penurunan popularitas.

“Kami melihat orang-orang memposting lebih sedikit Stories ke teman-teman mereka, (dan) melihat lebih sedikit Stories dari teman-teman mereka,” ungkap CEO Snap Evan Spiegel selama pengumuman pendapatan kuartal keempat belum lama ini.

“Tetapi pada saat yang sama, kami telah melihat orang-orang menonton lebih banyak konten premium, menonton lebih banyak konten di Spotlight," imbuhnya.

Melansir TechCrunch, Selasa, 15 Februari, melalui klon TikTok, Spotlight saja, Snapchat membayar konten kreator 250 juta dolar AS pada tahun lalu. Konten kreator juga dapat memperoleh keuntungan dari Spotlight melalui pemberian hadiah dalam aplikasi dan pasar pembuat Snap, yang memungkinkan merek untuk lebih mudah berkolaborasi dengan pengembang dan pemberi pengaruh AR.

Sementara itu, YouTube membayar 10 miliar dolar AS dari bagi hasil iklan selama tiga tahun terakhir. Tetapi pada saat yang sama, platform video bentuk pendek seperti TikTok dan Snapchat Spotlight akan merasa tidak dapat digunakan jika mereka memiliki iklan sebanyak YouTube.

Dengan uji coba ini, Snapchat mencoba menggabungkan model dana pencipta dan bagi hasil. Namun, sulit untuk mengatakan betapa menguntungkannya produk ini bagi konten kreator ketika formula pembayaran tetap menjadi misteri.