Tak Mau Kalah dari iPhone 13, Samsung Rilis Galaxy S dengan Peningkatan Kemampuan Kamera
Samsung Galaxy S tahun 2022 diluncurkan 9 Februari. (foto: dok. samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung Electronics meluncurkan versi terbaru dari smartphone Galaxy S andalannya pada  Rabu, 9 Februari. Produk terbaru ini  menampilkan fungsi kamera yang ditingkatkan dan chip prosesor yang lebih cepat. Samsung  berharap peningkatan tersebut akan menghidupkan kembali penjualan setelah dua tahun yang lemah.

Seri S22 akan langsung bersaing dengan Apple iPhone 13 yang diluncurkan September tahun lalu. Strategi seluler premium dua jalur Samsung telah meluncurkan model unggulan di paruh pertama tahun ini dan ponsel lipat Galaxy Z di paruh kedua.

Produk ini ditujukan untuk menarik konsumen yang rewel tentang kualitas video dan foto pabrik ponsel asal Korea Selatan itu.  Samsung mengatakan kamera ponsel S22 menawarkan pemotretan cahaya rendah dan malam yang lebih jelas serta pembingkaian otomatis yang dapat melacak hingga 10 orang. Teknologi baru inijuga  memastikan mereka semua yang berada dalam bingkai akan terlihat fokus.

Versi paling mahal, S22 Ultra, hadir dengan stylus,  fitur khas model layar besar Samsung Galaxy Note yang sekarang diyakini oleh banyak penggemar dan analis akan dihentikan.

Sementara Samsung melihat penjualan ponsel mereka turun selama pandemi, namun saingan beratnya, Apple, justru mencatat keuntungan penjualan yang fantastis.

Rangkaian produk Galaxy S biasanya terjual lebih dari 30 juta unit per tahun. Tapi penjualan pada tahun 2020 tercatat kurang dari 25 juta, sementara pada tahun 2021 terjual kurang dari 30 juta. "Penjualan yang tidak baik ini  sebagian terhambat oleh kekurangan komponen," kata Jene Park, seorang analis senior di firma riset Counterpoint.

“Kami yakin Samsung akan mengapalkan lebih dari 15 juta unit keluarga Galaxy S22 pada semester pertama tahun 2022. Jika penjualan awal bagus, kami harapkan bisa mencapai 30 juta unit pada 2022,” ujar kepada Reuters.

Kekurangan semikonduktor global diperkirakan akan berlanjut hingga tahun ini, tetapi analis memperkirakan Samsung penjualan akan lebih baik daripada banyak pesaingnya berkat daya beli yang besar dan cengkeraman kuat pada rantai pasokannya. Samsung mengatakan S22 Ultra, S22 Plus dan S22 akan tersedia secara luas mulai 25 Februari.