Siap Ramaikan Pasar Smartphone, Keluar Bocoran Galaxy Note 20
(Foto: OneLeaks/Pigtou)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah deretan gawai terbaru Samsung Galaxy Note 20, Galaxy Note 20 Plus dan Galaxy Note 20 Ultra mungkin adalah ponsel Android paling ditunggu-tunggu tahun ini. Karena membawa teknologi yang lebih mumpuni dari pesaingnya.

Dihimpun dari TomsGuide, Sabtu 6 Juni, ponsel layar besar baru Samsung tersebut diharapkan dapat menghadirkan layar 120Hz yang lebih canggih, kamera yang lebih baik, dan kinerja yang sangat cepat. Tentunya, yang dinantikan adalah beberapa peningkatan pada stylus S Pen sebagai ciri khas Samsung bersama dengan standar konektivitas 5G.  

Meski Galaxy Note 20 akan menghadapi persaingan ketat dengan jajaran iPhone 12 baru, tetapi berdasarkan semua bocoran dan rumor yang muncul, Samsung siap untuk melibas kembali pasar smartphone tahun ini.

Desain Galaxy Note 20

Menurut situs Windows United, Galaxy Note 20 bisa sangat mirip dengan jajaran Galaxy S20. Meskipun akan ada ruang untuk menempatkan S Pen. Masing-masing desain menampilkan tampilan Infinity-O Samsung, tetapi leaker tersebut mengatakan bahwa Galaxy Note 20 Ultra bisa memiliki layar melampaui 7 inci.

Sedangkan rumor lain, gawai ini akan memiliki layar datar 6,7 inci dengan hampir tidak ada bezel, kamera berlubang satu lensa, dan modul kamera mirip Galaxy S20 di bagian belakang.

Render juga menunjukkan tombol daya dan volume yang telah bergeser dari kiri ke tepi kanan, dan slot S Pen bergerak dari kanan ke kiri. 

Sementara, bocoran lain dari rendering Samsung Galaxy Note 20 Plus menunjukkan desain yang serupa, meskipun dengan ring yang terlihat di sekitar lensa pada kamera, dan layar melengkung. Sumber render ini mengatakan Galaxy Note 20 Plus akan datang dengan layar 6,9 inci dan dimensi 165 x 77,2 x 7,6 mm, naik menjadi 10,7 mm di modul kamera.

Menurut akun Twitter @UniverseIce, Galaxy Note 20 juga akan mengemas kamera menghadap ke depan dalam layar, yang akan bertengger di bawah layar penuh dalam lekukan atau bentuk lubang. Teknologi ini biasa disebut pop-up kamera.

Dapur Pacu Galaxy Note 20

Samsung Galaxy Note 20 diduga akan datang dengan chipset Snapdragon 865 yang telah digunakan lebih dahulu di jajaran Galaxy S20. Chipset ini dikemas dengan modem Snapdragon X55 untuk mengaktifkan konektivitas 5G. 

Meski rumor lainnya mengatakan gawai pabrikan asal Korea Selatan itu akan datang dengan prosesor Snapdragon 865 Plus sebagai gantinya. Berdasarkan tes benchmark yang bocor, prosesor tersebut memiliki nilai lebih rendah daripada iPhone 12. Untuk itu, kemungkinan Samsung tidak akan menggunakannya.

Namun demikian, beberapa perangkat dapat memperoleh chipset yang ditingkatkan dalam bentuk Exynos 992. Samsung biasanya menggunakan prosesor Exynos sendiri di sebagian besar wilayah di luar AS, dan dikabarkan bahwa Exynos 992 dapat digunakan sebagai gantinya, menawarkan sedikit peningkatan pada kedua Exynos 990, digunakan di Galaxy S20 di luar AS, dan di Snapdragon 865.

Pada sektor penyimpanan, Galaxy Note 20 hanya memiliki 128GB, setidaknya dalam varian terkecilnya. Satu sumber mengklaim bahwa Samsung Galaxy Note 20 dibekali baterai sekitar 4.000 mAh, naik dari 3.500mAh dari Galaxy Note 10 dan kemungkinan akan berarti bahwa Galaxy Note 20 Plus juga akan mendapatkan baterai yang lebih besar.

Lainnya, sebuah render meyakini bahwa Samsung Galaxy Note 20 Plus sudah terdaftar pada database sertifikasi resmi China. Selain menunjukkan keberadaan ponsel, gawai ini juga mengungkapkan dukungan untuk pengisian cepat 25W.

Bocoran terbaru kamera Galaxy Note 20

Tampaknya ponsel ini akan memiliki kamera utama 108MP, 12 ultra-wide dan 13MP periscope snapper dikemas dalam sistem fokus laser menggantikan sensor Time-of-Flight (TOF) yang biasanya dimiliki oleh ponsel top-end Samsung.

Sebuah bocoran lainnya menunjukkan kamera itu tidak akan memiliki 100x kemampuan zoom yang sama dengan Samsung Galaxy S20 Ultra, jadi mungkin tidak akan memiliki teknologi 10x optical zoom. Rumor ini mendukung apa yang diklaim kebocoran kamera Galaxy Note 20 Plus, yang menempatkan 50x zoom digital. Sementara itu, paten menunjukkan bahwa Note 20 dapat mengemas spektrometer yakni komponen yang menganalisis objek untuk menemukan sebuah komposisi.

Tanggal rilis jajaran ponsel Galaxy Note 20

Banyak yang berspekulasi bahwa Samsung akan meluncurkan gawai terbarunya ini pada Agustus 2020 mendatang, jika sesuai jadwal. Namun, hingga kini, melihat pandemi COVID-19 masih menghantui setiap lapisan negara di seluruh dunia, terdapat kemungkinan juga bahwa peluncuran itu akan mundur dari jadwal.

Menyoal harga, Samsung dikabarkan berniat menyaingi iPhone 12, itu artinya Galaxy Note 20 akan menyesuaikan harga dengan pesaingnya. Tetapi, belum ada bocoran soal lebih spesifik untuk harga gawai anyar ini.