5 Smartphone Paling Ciamik 2019
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan produk gawai smartphone pada tahun 2019 kian pesat. Perusahaan telepon pintar berlomba-lomba membuat inovasi mutakhir yang diminati konsumen, dari tren jaringan 5G sampai layar lipat. Lalu, smartphone terbaik apa saja yang menjadi pilihan redaksi VOI? Ini jawabannya.

1. iPhone 11 Pro

Yang pertama adalah iPhone 11 pro. Di Indonesia produk ini juga sudah hadir. Alasan kenapa kami memilih iphone 11 pro karena ukurannya yang lebih kecil (5,8 inci) dari seri iPhone 11 (6,1 inci) sehingga terlihat lebih padat dan lebih mudah digenggam.

Yang terlihat sangat menonjol dari iPhone 11 pro adalah kameranya. Terdapat tiga kamera yang masing-masing memiliki resolusi 12 megapiksel (MP). Kamera depannya juga sama, yakni 12 MP. 

Soal fitur kamera kita semua sudah banyak yang mafhum. Apalagi iPhone 11 pro ini membawa pembaruan yang lebih menarik dengan foto mode malam yang menangkap gambar lebih berkualitas dibandingkan seri sebelumnya iPhone Xs.  

Selain itu yang menjadi keunggulan dari iPhone 11 pro ini adalah chipset-nya yang menggunakan A13 bionic yang diklaim chipset paling bertenaga di pasaran saat ini. Ditambah dengan RAM 4 GB tentu membuat performa gawai menjadi lebih cepat. 

iPhone 11 Pro (Unsplash)

2. Huawei P30 Pro

Fitur kamera memang menjadi senjata andalan jualan bagi perusahaan smartphone. Selain iPhone 11 pro, smartphone yang punya kualitas kamera tak kalah ciamik adalah Huawei Mate 30 Pro. 

Kemampuan kamera P30 Pro memang bernas. Masih dengan lensa yang dirancang oleh Leica, Huawei P30 Pro hadir dengan tiga kamera dengan salah satu sensor 40MP, ultra wide angle 20MP, kamera telephoto 8MP, dan superzoom. Kamera P30 Pro tidak hanya mampu melakukan zoom sebanyak lima kali melainkan sepuluh kali, tanpa mengurangi kualitas foto yang dihasilkan.

Selain itu yang tak kalah istimewa yakni dapur pacunya. Perangkat ini dibekali prosesor Kirin 980, dukungan RAM 8GB dan memori internal 256GB. Walhasil perangkat ini dapat berjalan dengan lancar meski dalam pemakaian multitasking.

Huawei P30 Pro (Unsplash)

3. Google Pixel 3A

Smartphone ketiga pilihan kami adalah Google Pixel 3A. Alasannya, Pixel 3A lebih murah dari Pixel 3 namun masih tetap mendapatkan kualitas kesaktian kamera grade-A Pixel 3. 

Tak kalah dengan Pixel 3, Google Pixel 3A juga dapat menghasilkan tangkapan gambar yang sangat baik dalam cahaya rendah. Selain itu, perangkat ini juga dapat merekam video time-lapse. 

Seperti diketahui, Pixel 3A ini bisa dibilang versi murahnya dari Pixel 3 dengan kualitas kamera yang sama. Untuk harganya sendiri Google Pixel 3A dipatok seharga 363 dolar AS atau sekitar lima jutaan dalam kurs rupiah saat ini. Sementara Google Pixel 3 harganya berkisar 464 dolar AS atau sekitar Rp6,4 juta. 

Google Pixel 3A (Unsplash)

4. Samsung Galaxy Note 10 Plus

Segala penyempurnaan fitur yang dihadirkan Samsung Galaxy Note 10 Plus dari seri sebelumnya membuat smartphone ini menjadi salah satu gawai terbaik di tahun ini. 

Beberapa alasan mengapa Galaxy Note 10 Plus ini layak menjadi smartphone terbaik adalah karena desainnya. Samsung menggunakan desain lubang di layar untuk menempatkan kamera selfie, sementara hampir semua bagian depannya dibungkus dengan layar. 

Selain itu, yang menjadi sorotan dari smartphone ini yakni kemampuan perangkat yang bisa dijadikan komputer dengan software Samsung Dex yang bisa digunakan untuk mendukung pekerjaan. 

Sementara penyempurnaan pena digital S Pen menjadi kelebihan dari Galaxy Note 10 Plus ini. Pasalnya, tak ada smartphone lain di pasaran yang kini menggunakan pena digital seperti ini.

Samsung Galaxy Note 10 Plus (Unsplash)

5. Oppo Reno2

Lalu, yang terakhir adalah Oppo Reno2 dengan spesifikasinya yang gahar. Oppo Reno2 ini memiliki dapur pacu prosesor Snapdragon 730G, RAM 8GB, dan memori internal 256GB. 

Selain itu, fitur kamera pada smartphone ini juga tak kalah menggebrak. Pasalnya, Reno2 memiliki empat lensa yang masing-masing beresolusi 8MP (wide-angle), 48MP (lensa utama), 13MP (telephoto), dan 2MP (sensor monokrom).

Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 16MP. Oppo masih menggunakan kamera depan pop-up yang sekilas mirip dengan sirip hiu di perangkat ini.

 Oppo Reno2 (Unsplash)